Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi I DPRD Kepri Minta Gubernur Ganti Kepala OPD yang Kinerja Tak Optimal
Oleh : Ismail
Senin | 16-10-2017 | 16:50 WIB
Ketua-Komisi-I-DPRD-Provinsi-Kepri,-Abdul-Rahman.gif Honda-Batam
Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Abdul Rahman (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mengotimalkan peran dan tugas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Komisi I DPRD Kepri meminta Gubernur segera melakukan evaluasi kinerja. Hal tersebut bertujuan mengetahui seberapa jauh kinerja para Kepala OPD dalam melaksanakan program yang telah disusun dalam APBD dan RPJMD sesuai dengan visi misi Provinsi Kepri.

"Idealnya evaluasi itu setiap tahun. Dari evaluasi itulah nanti bisa dilihat kapasitas masing-masing kepala OPD," ujar Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kepri, Abdul Rahman, Senin (16/10/2017).

Dirinya mendesak Gubernur untuk segera evaluasi kinerja OPD secara menyeluruh. Jika dalam hasil evaluasi nanti ada kepala OPD yang tidak mencapai target atau tidak mampu bekerja, maka sebaiknya Gubernur merotasi kepala OPD tersebut.

"Siapapun dia tetap harus dievaluasi, namun apakah nanti akan diganti atau tidak itu tergantung kebutuhan dan kebijakan kepala daerah," tuturnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengharapkan, Gubernur tidak tebang pilih dalam dalam mengevaluasi kinerja kepala OPD.

Disebutnya, seluruh Kepala OPD sebaiknya dilakukan sama dengan yang lain. Terlebih, Pemerintah Daerah salah satu tugasnya adalah melayani masyarakat.

"Di samping itu, evaluasi ini juga dalam rangka mempertanggungjawabkab kerja ke masyarakat. Karena pada hakekatnya pemerintah adalah pelayan masyarakat," tukas Abdul Rahman.

Editor: Udin