Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Pertolongan Pertama saat Mengalami Cedera Engkel
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-10-2017 | 12:38 WIB
cidera-engkel1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meskipun cedera engkel atau ankle strain sering dialami oleh para atlet, namun faktanya siapapun bisa mengalami kondisi ini. Cedera engkel sendiri bisa terjadi saat seseorang melakukan aktivitas fisik yang memerlukan mobilitas organ kaki.

Secara umum, cedera engkel bisa berupa keseleo, tegang urat, dan patah tulang karena melibatkan ligamen dan tulang di pergelangan kaki. Gejalanya sendiri bisa dibilang mirip dengan patah tulang.

Tanda yang sering muncul adalah nyeri yang sering terjadi secara mendadak, memar, tidak mampu berjalan, dan sendi yang cedera tak mampu menahan berat badan.

Sebenarnya sebelum pergi ke dokter, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit karena cedera engkel.

1. Segera hentikan aktivitas yang sedang kita lakukan.
Luruskan kaki dan istirahatkan pergelangan kaki untuk mencegah cedera menjadi lebih parah dan menjaga agar bobot tubuh tidak membebani pergelangan kaki.

2. Kompres dengan es. Es dapat mengurangi pembengkakan dan memberikan sensasi mati rasa untuk meredakan sakit.

3. Membebat pergelangan kaki yang cedera dengan perban elastis. Bebat akan bantu menjaga bagian yang cedera tidak bergerak.

4. Angkat pergelangan kaki yang cedera, setidaknya setingkat dengan jantung, agar dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

5. Oleskan salep khusus untuk bengkak ke bagian yang cedera untuk meredakan nyeri tak tertahankan, nyeri otot dan sendi yang disertai bengkak, kemerahan dan radang sendi.

Maka pergerakan otot dan tulang kaki menjadi lancar kembali. Nah, apabila sakit terasa semakin parah segera pergi ke dokter.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha