Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kedai Kopi 'Hawaii' di Kijang Dikabarkan Bakal Dibuka, Ini Penjelasan Pemiliknya
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 14-10-2017 | 11:38 WIB
hawai.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kedai kopi Hawaii di pasar Berdikari Kijang, Bintan Timur tahun 2016.

BATAMTODAYM.COM, Bintan - Masih ingat kedai kopi di Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim) dengan brand 'Hawaii'. Kedai kopi yang didirikan sekitar tahun 1970 itu, sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Bintan maupun luar daerah. Terlebih dengan rasanya sudah melekat di lidah dan hati masyarakat Kijang.

Namun, pada Selasa (16/8/2016) lalu, peristiwa besar melanda pasar Berdikari Kijang. Sebanyak 26 kios dan 2 rumah ludes terbakar, termasuk Kedai Kopi 'Hawaii' juga ikut rata bersama kobaran api malam itu. Diduga arus pendek penyebab peristiwa tersebut.

Hawai yang sudah melegenda bahkan dikenal hingga sebagian warga Bintan, Tanjungpinang dan Kepri kala itu, membuat masyarakat sedih dan merasa kehilangan. Tidak sedikit masyarakat mengucapakan turut berduka melalui akun media sosial atas kejadian kebakaran tersebut.

Selang beberapa bulan kejadian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dengan sigap kembali membatu pembangunan kios-kios yang sudah rata dengan tanah itu. Sekaligus menobatkan pasar Berdikari Kijang sebagai Kota Tua.

Belakangan beredar isu yang mengatakan kedai kopi Hawaii bakal bangkit lagi, di Kijang. Persis di atas tanah bangunan lamanya, dengan fisik yang baru. Tentu kabar tersebut turut membuat masyarakat ikut senang, karena sang legendaris kopi akhirnya muncul lagi di tengah-tengah masyarakat.

Sayangnya kabar tersebut hanya seprti agin yang berhembus pergi begitu saja. Tanpa kepasatian yang jelas, lantaran sang owner, sekaligus anak kandung dari sang pemilik kedai kopi Hawaii, Amoi kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan bahwa dirinya belum pasti akan membuka kembali kedai kopi itu.

"Belum lah, udah malas. Udah setahun gak buka, lagian gak ada yang buat kopinya," kata Amoi saat ditemui di Kijang, Sabtu (14/10/2017).

Amoi tidak mau memastikan, kalau kedai kopi Hawai akan kembali dibuka, lantaran ia sendri takut mengecewakan orang banyak, apabila nantinya justru malah tidak buka.

Ketidak pastian ini diungkapkan Amoi karena ia mengaku tidak ada yang meracik kopi bila dipaksakan dibuka. "Gak ada yang buat kopinya, jadi saya gak mau bilang iya mau buka lagi, atau tidak akan buka. Nanti orang-orang kecewa. Jadi lihat aja nanti," kata Amoi.

Editor: Gokli