Sosialisasi Perubahan RPJMD 2016-2021

Prioritas Pembangunan Diarahkan ke Infrastruktur dan Maritim
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 13-10-2017 | 19:03 WIB
Nurdin-tandatangani.gif
Penandatanganan Berita Acara dan pembukaan sosialisasi Perobahan RPJMD Kepri 2016-2021 (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dua tahun berjalan, Pemerintah Provinsi Kepri, kembali melakukan perubahan arah kebijakan dan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepri 2016-2021.

Selain didasari dari perubahan aturan UU dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang Satuan Organisasi Tata (SOT) pemerintahan, target program pembangunan 5 tahun ke depan Provinsi Kepri menjadi alasan perubahan.

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, mengatakan bahwa selain tuntutan aturan dan mekanisme, perubahan RPJMD Provinsi Kepri 2016-2021 bertujuan untuk menata penggunaan APBD semaksimal mungkin. Sehingga pelaksanaan kegiatan dari APBD setiap tahun, dilakukan sesuai dengan program dan sasaran untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tujuan utama dari pelaksanaan perubahaan RPJMD yang dilakukan untuk memanfaatkan dana masyarakat semaksimal mungkin, untuk dapat dirasakan masyarakat itu sendiri," ujar Nurdin pada wartawan usai membuka sosialisasi perubahaan RPJMD Kepri 2016-2021 di Aula Kantor Gubernur Dompak, Jumat (13/10/2017).

Dalam pengalokasiaan anggaran, tambah Nurdin, semua OPD juga telah menyepakati pengurangan belanja operasional dan anggaran yang tidak mendesak, seperti kegiatan-kegiatan seremonial yang manfaat dan faedahnya tidak ada.

"Dan hal ini, setiap tahun nantinya akan saya evaluasi, apa out come dan manfaat alokasi setiap dana yang dialokasikan dan dilaksanakan," ujarnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI