PLN Datangkan Mesin Baru PLTD Berkapasitas 1X500 KW untuk Desa Kelong Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jumat | 13-10-2017 | 18:14 WIB
Resmikan-PLTD-Pulau-Kelong-Bintan.gif
Gubernur Kepri saat menghidupkan mesin baru PLN di Desa Kelong (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur Kepri, Nurdi Basirun, meresmikan pengoperasian mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) 1X500 KW di Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir), Jum'at (13/10/2017).

Dalam sambutannya, Nurdin mengharapkan, dengan adanya penambahan mesin baru ini, mampu menerangi Desa Numbing, yang selama ini dinilai kurang efisien, lantaran suka mati dan juga masih adanya sistem pemadaman bergilir.

"Semoga listrik tidak mati hidup lagi di kampung kite ini. Dengan adanya mesin baru ini listrik yang sebelumnya suke mati, hidup bise lebih efisien kerjanya," harap Nurdin.

Nurdin juga merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada PLN atas selesainya penambahan 1 unit pembangkit bertenaga diesel dengan kapasitas 500 kW tersebut.

"Dengan penambahan daya menjadi 1.230 kW, mari seluruh warga untuk memanfaatkan kelebihan pasokan listrik guna meningkatkan taraf hidup keluarga, menjadikan cahaya listrik di malam hari untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi, belajar mengaji, sehingga nantinya anak-anak di Pulau Kelong bisa bekerja di Industri, ada yang jadi dokter, perawat dan Hafiz Quran," ucap Nurdin.

Selain itu kepada pihak PLN, Nurdin meminta agar dapat mengaliri daerah lain, yang belum mendapatkan aliran listrik dari PLN di daerah Kepri ini.

"Tadi saye sudah cakap-cakap same orang PLN, minta dialirin juge listrik ke daeah lain, yang belum ade listriknya. Mereka bilang akan mengupayakan dan sudah merencanakan membuat aliran listrik melalui udara," kata Nurdin.



Di kesempatan itu, General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepri, Irawansyah Putra, mengatakan bahwa dengan tambahan pasokan daya ini, PLN siap melistriki 162 Kepala Keluarga yang belum menikmati listrik agar rasio elektrifikasi di Pulau Kelong bisa 100 persen.

"Saat ini, ini pasokan listrik untuk Pulau Kelong sebenarnya sudah cukup untuk melayani 508 pelanggan, dengan mengoperasikan 5 mesin dengan daya pasok sebesar 730 kW, meskipun beban puncak saat ini baru mencapai 380 kW," kata Irwansyah.

Dengan penambahan mesin baru berkekuatan 500 kW, kata Irwansyah, tentunya akan meningkatkan daya menjadi 1.230 kW. Selain untuk memenuhi tambahan daya pelanggan yang ada seperti pabrik es dan PDAM, juga memenuhi kebutuhan calon pelanggan baru seperti perusahaan pengalenggan ikan.

"Pemasangan u