Jaga Keamanan Kepri dan Batam, Polair Polda Kepri Gelar Patroli Laut
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 13-10-2017 | 10:51 WIB
Polair1.jpg
Petugas Polair Polda Kepri saat memeriksa kelengkapan dokumen salah satu kapal di perairan Tanjungucang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca wilayah Kepulauan Riau pada Jumat (13/10/2017) sekitar 06.00 WIB sangat cerah dan bersahabat untuk lalu-lalang kapal. Tidak terkecuali kapal patroli Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri yang bertugas menjaga keamanan dan kenyaman wilayah perairan.

Kapal Patroli 2004 Polair Polda Kepri lantas bergerak dari Markas menuju Tanjunguncang untuk melakukan pengawasan lalu-lalang kapal-kapal di perairan Kepri dan Batam.

Satu per satu kapal yang terlihat dan mencurigakan, tidak luput dari pemeriksaan petugas. "Ini upaya kita mencegah, menjaga dan memberikan pemahaman kepada nahkoda kapal. Agar mereka tetap mengikuti rambu-rabu lalu lintas pelayaran yang ada dan mementingkan keselamatan berlayar," ujar Kasatrolda Polair Polda Kepri AKBP, Danu Waspodo.

Salah satu kapal yang diperiksa petugas di perairan Tanjunguncang KM. Z Nusantara 9, dinakhodai oleh Hamzah. Dalam pemeriksaan dokumen kapal tersebut lengkap dan tidak ada indikasi pelanggaran hukum.

Tidak lupa, setelah diperiksa, para petugas memberikan pengarahan dan imbauan agar nahkoda dan ABK mejaga kemanan dan keselamatan saat berlayar menuju Singapura.

"Kami (kapal) dari Batam menuju Singapura dengan membawa 26.000 Kg ikan campur," kata Hamzah.

Hamzan mengaku sangat terkesan dan terkesimah kepada petugas patroli Polair Polda Kepri dalam pengecekan kapal nelayan. Di samping itu juga patroli yang dilakukan juga sangat menguntungkan para nelayan dari gangguan kejahatan di laut.

"Kami ucapkan termakasi kepada Ditpolair yang telah melaksanakan tugas menjaga keamanan di laut. Dengan diberikanya imbauan keselamatan, kami lebih berhati-hati lagi ketika berlayar," katanya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI