5 Ton Sampah Diangkut Tiap Hari

Kabupaten Lingga Galakkan Kebersihan Lingkungan untuk Raih Adipura
Oleh : Nurjali
Jumat | 13-10-2017 | 10:02 WIB
DLH-Lingga.jpg
Junaidi Adjam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga dan DLH Pemprov Kepri. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga mengangkut lima ton sampah dalam sehari. Sampah paling tinggi adalah sampah rumah tangga, baik yang ada di bak sampah maupun dari rumah-rumah warga yang diangkut melalui kendaraan kaisar.

Kerja keras Dinas Lingkungan Hidup ini dilakukan untuk menjaga kebersihan Kabupaten Lingga, agar dapat meraih Adipura tahun depan.

"Untuk truk saja kita angkut lima ton perhari, belum lagi dari sampa-sampah yang diangkut menggunakan kaisar," sebut Junaidi Adjam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Jumat (13/10/17).

Target peraihan piala Adipura di tahun 2018 mendatang menurutnya akan tetap diupayakan untuk pencapaian tertinggi, karna beberapa point tambahan meraih piala Adipura sudah dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Lingga, dengan adanya setifikat Adipura.

Saat ini yang menjadi kendala adalah kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Namun hal itu bukanlah suatu penghalang bagi Kabupaten Lingga untuk meraih pengharagaan Adipura, karna beberapa upaya terus digenjot Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian Kamis kemarin Dinas Lingkungan Hidup juga telah mendatangkan Tim Evaluasi untuk melakukan prapantau, sebelum melakukan penilaian V 1 (Verifikasi satu). "Sebelum kita dinilai, kita mendatangkan tenaga ahli ke Singkep ini. Dari 40 titik pantau, kita mengevaluasi segala kekurangannya," jelasnya.

Tim yang diturunkan tersebut adalah tim dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (PPPE). Tim dari P3E ini juga menjadi narasumber pada kegiatan rapat pemantapan Adipura yang digelar di Gedung Nasional yang dibuka oleh Bupati Lingga, Alias Wello.

Tim penilai sendiri nantinya akan melakukan penilaian tahap pertama pada bulan November mendatang. "Untuk Verifikasi tahap akhirnya, akan dilaksanakan pada awal tahun 2018 nanti," sebutnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI