Ratas di Karimun Dorong Ekonomi Masyarakat

Gubernur Minta Dana APBD Diperbanyak untuk Infrastruktur
Oleh : Chares Sitompul
Kamis | 12-10-2017 | 18:38 WIB
Nurdin-pimpin-ratas.gif
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat memimpin ratas di Rumah Dinas Bupati Karimun (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, menekankan agar pemanfaatan APBD lebih banyak untuk pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur itu selain meningkatkan daya saing daerah juga meningkatkan konektivitas antar pulau.

"Peningkatan infrastruktur tersebut mulai dari rencana pembangunan yang baru seperti jembatan dan jalan, juga untuk pemeliharaan dan peningkatan infrastruktur sesuai kebutuhan zaman," kata Nurdin saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) bersama Bupati Karimun H Aunur Rafiq dan kepala OPD Kepri serta Kabupaten Karimun.

Ada 13 item yang diajukan Bupati Karimun. Nurdin meminta Kepala Barenlitbang Kepri, Naharuddin, untuk mensinkronkannya dengan rencana pembangunan yang sudah disusun oleh provinsi. Dari pencocokan itu terlihat ada beberapa rencana pembangunan di Karimun sudah masuk dalam rencana pembangunan di provinsi untuk kabupaten/ kota se-Kepri.

Sementara untuk beberapa kendala dalam perizinan, Nurdin menganjurkan Bupati mengajak Pemerintah Pusat terkait untuk meninjau ke lapangan. Sehingga bisa dilihat secara langsung kondisi dan masalah di lapangan.

Selain masalah jalan dan jembatan, Nurdin juga mengingatkan Kepala Dinas Pendidikan Karimun untuk membenahi sistem belajar mengajar di tiap daerah. Hal itu terkait kerja sama SMK 1 Karimun dengan PT Saipem. Nurdin mau mereka yang magang nanti memang berkualitas, sehingga saat selesai training bisa berkerja.

Nurdin menegaskan, pemerataan pembangunan itu bukan seperti belah semangka, tetapi sesuai kebutuhan. Semua daerah sepakat itu.

"Kalau Natuna misalnya, Pemerintah Pusat juga sedang fokus membangun kawasan ini," ujar Nurdin.

Gubernur berpesan agar pemanfaatan APBD lebih banyak untuk menggesa pembangunan infrastruktur. Menurut Nurdin, pembangunan infrastruktur akan memicu pergerakan ekonomi masyarakat. Infrastruktur yang baik juga mendorong percepatan masuknya investasi.

Gubernur dalam tiap kunjungan ke daerah, memang selalu mengsingkronkan pembangunan. Hal ini agar apa yang menjadi usulan daerah bisa terakomodir. Karena itu juga bagian dari aspirasi masyarakat kabupaten/ kota.

Pada kesempatan itu, Sekda H TS Arif Fadillah mengatakan, usulan pembangunan Karimun yang disampaikan Bupati Karimun tidak jauh beda. Konsentrasi pembangunan Pemprov Kepri memang ke konektivitas. Hal ini memang sudah merupakan rencana lama.

Sementara untuk rencana Balai Latihan Kerja (BLK) yang diminta Bupati, akan diteruskan dan dikoordinasi kan dengan Kadisnaker Kepri terlebih dahulu. Begitu juga untuk rencana Puskesmas Tanjungbatu yang diminta untuk ditingkatkan jadi Rumah sakit tipe D.

Tampak hadir pada Ratas itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Kepala Barenlitbang Kepri Naharuddin, Asisten Pemerintahan Raja Ariza, Kadis Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana,  Kadispenda Kepri Isdianto, Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi, serta beberapa Kepala OPD lainnya. Dari Karimun hadir Kepala Bappeda Junaidi.

Editor: Udin


BNN-KEPRI