Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juli Isnur Resmi Gantikan Efrianto Jabat Kejari Natuna
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 11-10-2017 | 18:26 WIB
Sertijab-kejari-Natuna.gif Honda-Batam
Acara sertijab Kejari Natuna di Kejati Kepri (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Jabatan Kepala Kejaksaan Negeri Natuna resmi beralih dari Efrianto kepada Juli Isnur dalam acara serah terima jabatan di Kejaksaan Tinggi Kepuluan Riau, Rabu (11/10/2017)

Kepala Kejati Kepri, Yunan Harjaka, mengatakan bahwa pelaksanaan mutasi dan promosi jabatan di tubuh Kejaksaan RI saat ini harus dipahami sebagai suatu proses reformasi birokrasi yang terus dijalankan, yaitu dalam bidang penatalaksanaan organisasi dan sumber daya manusia.

Sebab, dengan adanya mutasi ini dimaksudkan untuk melakukan penyegaran, penambah wawasan sehingga diharapkan akan didapatkan sumber daya manusia yang handal, berintegritas, kompeten, profesianal, berkinerja tinggi dan sejahtera.

Wilayah hukum Kejaksaan Negeri Natuna sendiri merupakan wilayah terluar dan terletak di bagian paling utara dari wilayah negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Vietnam, Kamboja, dan Malaysia. Selain itu, juga wilayah laut Natuna menjadi salah satu jalur utama pelayaran laut dunia terutama bagi kapal-kapal yang menuju Hongkong.

Potensi kekayaan laut Natuna yang sangat melimpah dan menjadi penghasil ikan terbesar di Indonesia serta kekayaan alam lainnya tentu harus dijaga kedaulatannya, sebab jika tidak maka akan menjadi sasaran penjarahan bagi negara asing. Hal ini terbukti dengan banyaknya kapal asing yang ditangkap diperairan ZEE, karena melakukan pencurian ikan.

"Berkaitan dengan hal itu diperlukan peran Kejaksaan RI, khususnya Kejaksaan Negeri Natuna adalah semakin besar. Tupoksi yang kita miliki dalam penegakan hukum haruslah dapat mendukung program tersebut, seperti kita ketahui penegak hukum yang kita laksanakan adalah melaksanakan pencegahan dan penindakan," katanya.

Maka dari itu, Yunan berharap kepada Kajari Natuna yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan seluruh perintah pimpinan dan pelaksanaan amanah yang dipercayakan kepadanya, serta menjawab tuntutan dan tantangan masyarakat serta mewujudkan keberhasilan dalam melaksanakan tugas sehingga dapat membuktikan hal itu.

Seperti diketahui, Juli Isnur SH MH jabatan lamanya sebagai koordinator pada Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur di Kupang. Sedangkan Efrianto SH MH sendiri akan bertugas sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman.

"Segeralah beradaptasi dengan tugas-tugas dan tunjukkan semangat kinerjanya secara maksimal agar dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam keberhasilan tugas yang diemban. Tak lupa juga kepada Ibu Juli Asnur, selamat bergabung dengan ikatan Adhiyaksa Dharma Karini di Kejati Kepri," ucapnya.

Sementara itu kepada pejabat yang lama dalam kesempatan ini, pihaknya mengucapkan selamat jalan dan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman.

"Begitu juga kepada Ibu Efriyanto, saya ucapkan terima kasih atas kreativitasnya di organisasi ikatan Adhiyaksa Dharma Karini," pungkasnya.

Editor: Udin