Selain Bahan Masakan, Ini 4 Manfaat Kentang yang Jarang Diketahui
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-10-2017 | 15:14 WIB
kentang-panggang11.gif
Kentang panggang. (Foto: Tempo.co)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tak hanya sebagai bahan masakan, kentang juga memiliki banyak fungsi lain, loh.

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kentang bisa melembutkan donat. Namun selain itu, kita juga perlu tahu manfaat kentang yang lainnya berikut ini.

1. Melembutkan
Donat yang diberi ketang lumat dalam adonannya bisa tahan lembut selama seharian. Selain itu, kue berbahan dasar tepung ketan, seperti onde-onde juga baik ditambahkan sedikit kentang di dalamnya.

Tujuannya supaya kue tidak liat atau mengeras setelah dingin. Kala membuat combro, tambahkan juga kentang kukus lumat ke dalam adonan singkong. Dijamin, combro akan tetap empuk, tidak keras setelah dingin.

2. Mengentalkan
Tepung maizena habis padahal ingin mengentalkan sup? Gunakan saja kentang. Lumatkan kentang kukus lalu campurkan ke dalam sup. Sup akan kental seperti layaknya menggunakan maizena.

3. Menambahkan Legit
Bumbu gado-gado akan terasa makin legit kalau diulek bersama kentang, loh. Tambahkan saja sepotong kecil kentang setiap kali membuat bumbu gado-gado di rumah. Rasanya pasti makin makyus.

4. Menyelamatkan Makanan yang Keasinan
Mau tahu cara lain menyelamatkan makanan yang keasinan selain diberi air? Masukkan saja satu buah kentang mentah ke dalam masakan. Kentang punya efek menyerap rasa asin. Setelah itu, kentang bisa dimakan, bisa juga diangkat dan dipisahkan dari masakan.

Pasti deh, rasa asin masakan sudah berkurang. Asal tahu, menambahkan air dalam jumlah banyak ke dalam masakan yang keasinan sangat tidak disarankan. Alasannya masakan malah jadi kekurangan kaldu dan bumbu lain.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI