Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kualifikasi Piala Dunia 2018

Lagi, Belanda Gagal ke Piala Dunia
Oleh : redaksi
Rabu | 11-10-2017 | 08:24 WIB
kekecewaan-pemain-belanda-keny-tete.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ekspresi kekecewaan pemain Belanda Keny Tete. (Foto: EPA-EFE/Koen van Weel)

 

BATAMTODAY.COM, Amsterdam - Belanda belum bisa bangkit dari keterpurukan di pentas sepak bola internasional. Setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2016, Oranje kembali harus menjadi penonton pada Piala Dunia 2018.

 

Belanda gagal lolos ke Rusia melalui play-off, satu-satunya peluang yang tersedia setelah tampil buruk pada Grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Meski menang 2-0 atas Swedia dalam laga terakhir penyisihan grup di Amsterdam Arena, Rabu (11/10) dini hari WIB, Arjen Robben dkk tetap gagal mengamankan tiket play-off.

Belanda yang mengantongi nilai 16 dari sembilan laga sebelum berhadapan dengan Swedia butuh kemenangan besar dengan selisih tujuh gol. Jika kurang, tim asuhan Dick Advocaat tak bisa menggusur Swedia yang sudah mengantongi nilai 19 di posisi kedua dengan keunggulan selsih gol.

Belanda tampaknya akan mendapatkan keajaiban saat Robben membuka skor pada menit ke-16 lewat gol dari titik putih. Robben kembali mencetak gol pada menit ke-40 lewat operan Ryan Babbel. Namun, hanya itu gol yang tercipta. Swedia menutup rapat pertahanannya sepanjang babak kedua dan tak dapat ditembus oleh tim Oranje.

Swedia finis dengan keunggulan selisih gol +17, delapan lebih unggul di atas Belanda.

Sumber: Republika
Editor: Dardani