Ini Enam Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-10-2017 | 10:26 WIB
gangguan-mental.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, dunia selalu menggaungkan pentingnya kesehatan mental dan jiwa.

Menjaga kesehatan mental atau jiwa tidaklah mudah. Ada banyak hal yang terjadi dan bisa membuat ketidakseimbangan jiwa terjadi. Semua masalah kejiwaan dan ketidakseimbangan mental ini terjadi dengan gejala awal berkurangnya pikiran positif pada diri sendiri dan juga orang lain.

Untuk menjaga mental tetap sehat, ada baiknya untuk meningkatkan pikiran positif dalam diri. Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan kesehatan mental.

1. Bicara tentang yang Anda rasakan

Bicara tentang semua yang Anda rasakan adalah hal yang penting untuk kesehatan mental Anda. Pilih orang yang Anda percaya untuk jadi tempat berbagi cerita dan masalah yang dihadapi. Jangan pendam sendiri masalah, terutama saat Anda tak bisa menyelesaikannya sendiri.

2. Bergerak aktif

Olahraga dan membuat tubuh tetap aktif akan melepaskan hormon kimia di otak yang bisa membuat Anda bahagia.

Hanya saja olahraga tak harus selalu pergi ke gym. Jalan-jalan santai di taman atau mengerjakan tugas rumah tangga juga bisa membantu Anda tetap sehat. Para ahli mengungkapkan bahwa latihan aktif 30 menit setidaknya lima hari seminggu adalah jumlah yang tepat untuk jaga kesehatan mental.

3. Makan sehat

Makan makanan yang sehat tak hanya akan membuat tubuh Anda jadi sehat. Memilih asupan makanan sehat akan membantu menjaga kesehatan mental seseorang juga.

Memberikan tubuh beraneka makanan bernutrisi tinggi akan membuat otak jadi lebih sehat dan berfungsi dengan baik. Selain itum tak

4. Rehat sejenak

Work hard and play hard. Anda harus bisa menyeimbangkan keduanya. Tak dimungkiri berkumpul bersama teman atau kerabat, makan makanan enak di restoran, santai di kafe, atau berlibur akan membantu menyeimbangkan kesehatan jiwa Anda.

5. Berhubungan baik dengan keluarga

Keluarga dan teman adalah obat terbaik untuk mengembalikan semangat saat Anda merasa depresi atau jatuh dalam tekanan.

Sebuah pelukan hangat atau melihat senyum tulus mereka yang mencintai Anda akan jadi obat penyembuh tersendiri.

6. Lakukan hobi

Mengutip The Union dari University of Portsmouth Students Unionm, membebaskan stres dengan melakukan hobi Anda masing-masing. Lakukan apa yang Anda kuasai sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli


BNN-KEPRI