Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, Ratusan Buruh FSPMI Gelar Aksi Damai di Kantor Pemko Batam
Oleh : Gokli
Jumat | 06-10-2017 | 10:28 WIB
Suprapto.jpg Honda-Batam
Suprapto, Panglima Garda Metal FSPMI Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) akan melakukan aksi damai di depan Kantor Wali Kota Batam, Sabtu (7/10/2017) pagi.

Aksi damai buruh FSPMI ini dilakukan bertepatan dengan Hari Kerja Layak Internasional (International World Day for Decent Work) yang jatuh pada 7 Oktober.

Suprapto, koordinator aksi sekaligus Panglima Garda Metal FSPMI meyampaikan, akan menurunkan sekitar 500-an buruh di depan Kantor Wali Kota Batam, Jalan Engku Putri, Batam Center. Aksi damai itu, kata dia direncanakan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

"Titik kumpul buruh di simpang Panbil, Mukakuning. Kemudian kami bergerak ke Batam Center untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah," kata Suprapto, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (6/10/2017).

Ia mengatakan dalam aksi itu, buruh akan menyuarakan tuntutan secara nasional dan lokal. Adapun tuntutan secara nasional, yakni kenaikan upah minimal 50 Dolar Singapura dan perbaikan pelayanan kesehatan Jamkestum.

"Untuk lokal, tuntutan kami kepada pemerintah, yakni menolak kenaikan TDL 5%, mendorong pemerintah agar segera membentuk assosiasi yang selama ini belum ada dan memperbaiki daftar PBI BPJS Kesehatan," demikan Suprapto.

Editor: Surya