Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Ingatkan Politik TNI Adalah Politik Negara
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 05-10-2017 | 19:14 WIB
Jokowi-periksa-barisan.gif Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melakukan inspeksi pasukan saat peringatan HUT ke-72 Tentara Nasional Indonesia di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). Peringatan HUT TNI ini TNI dimeriahkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara (Sumber foto: Kompas.com)

BATAMTODAY.COM, Cilegon - Dalam upacara HUT TNI ke-72 ini, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada TNI yang setia kepada NKRI. Jokowi juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas profesionalisme dan dedikasi TNI yang terus meningkat terhadap masyarakat, serta memegang teguh sumpah prajurit.

"Saya ingat pesan Jenderal Besar Soedirman. Bahwa politik tentara adalah politik negara, loyalitas tentara adalah loyalitas untuk kepentingan negara," tegas Joko Widodo dalam amanahnya pada Upacara Peringatan HUT-TNI ke-72 di Cilegon, Kamis (5/10/2017).

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dalam kesempatan itu juga mengatakan, prajurit TNI harus taat kepada atasan yaitu Presiden Republik Indonesia. Gatot menegaskan, kesetiaan TNI tak perlu diragukan.

"Jangan ragukan TNI kesetiaannya," kata Gatot ketika memberikan sambutan.

Gatot menyebut, momentum peringatan HUT ke-72 TNI adalah saat yang membahagiakan dan membanggakan. Gatot mengatakan sampai kapan pun TNI akan setia dan menjunjung tinggi sumpah prajurit.

"Izinkan saya menegaskan sekali lagi bahwa sampai kapan pun TNI akan setia dan menjunjung tinggi sumpah prajurit yang tadi disampaikan Bapak Presiden," sebut Gatot.

Upacara peringatan HUT TNI yang mengambil Tema "Bersama Rakyat TNI Kuat" itu, diawali dengan parade pasukan dan defile berjumlah 5.932 orang yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara TNI AD, Brigade Upacara TNI AL, Brigade Upacara TNI AU, Batalyon Upacara PNS, Batalyon Komponen Cadangan, dan Batalyon Pasukan Lintas Sejarah TNT.

TNI juga menampilkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, di sela-sela menghadiri Upacara HUT-TNI ini, mengucapkan selamat atas HUT TNI ke-72 tahun 2017, serta mengapresiasi peran dan dedikasi TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kepri.

"Semua masyarakat Kepri mengucapkan selamat dan mengapresiasi peran dan tanggung jawab TNI dalam menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan NKRI di Kepulauan Riau dan Indonesia tetap aman," ujarnya.

Editor: Udin