Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Total Hadiah Rp140 Juta

Gelaran FBK 2017, Dispora Kepri Gelar Lomba Permainan Tradisional
Oleh : Ismail
Rabu | 04-10-2017 | 15:38 WIB
Kadispora-Kepri1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Kepala Dispora Kepri, Maifrizon. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk memeriahkan rangkaian gelaran Festival Bahari Kepri 2017 (FBK), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Riau akan memperlombakan berbagai permainan tradisional.

 

Pelaksanaan lomba permainan tradisional tersebut akan dipusatkan di Pantai Tanjung siambang, Kelurahan Dompak Tanjungpinang mulai 13-15 Oktober 2017.

Kepala Dispora Kepri, Maifrizon memaparkan, sejumlah cabang permainan tradisional yang dilombakan nantinya merupakan cabang permainan yang juga dilombakan di tingkat Nasional. Meliputi, lomba perahu Jong, sampan layar, permainan hadang, layang-layang, terompah panjang, dan enggrang.

"Dalam lomba tersebut nantinya para peserta dari berbagai daerah akan turut serta," katanya, Rabu (4/10/2017).

Selain itu, dipastikan pada cabang permainan tertentu juga bakal diikuti para peserta dari luar negeri. Seperti pada permainan layang. "Nanti para cabang layang-layang rencananya juga diikuti para peserta dari Singapura dan Malaysia," ujar Maifrizon.

Dijelaskannya, alasan dipilih Pantai Tanjung Siambang menjadi arena perlombaan olahraga tradisional tersebut karena kawasan tersebut memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas. Ditambah lagi, kawasan tersebut sudah termasuk nyaman untuk memfasilitasi peserta dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan perlombaan tersebut.

Oleh karena itu, Maifrizon mengajak masyarakat Kepri penyuka permainan tradisional untuk turut serta menyaksikan dan menjadi peserta dalam berbagai lomba permainan tradisional nanti. Tak tanggung, lanjutnya, untuk memeriahkan ragam perlombaan dalam gelaran FBK nanti, Dispora Kepri sudah menyiapkan hadiah dengan total sebesar Rp 140 juta.

"Kami mengajak masyarakat penyuka permainan tradisional turut meramaikan kegiatan ini untuk menyaksikan pada hari H nanti. Namun, jika berminat menjadi peserta dapat langsung mendaftarkan kelompoknya ke Kantor Dispora Kepri," imbaunya.

Editor: Yudha