Waduh, SMAN 5 Batam Pungut Sumbangan Pendidikan Lebihi Ketentuan Gubernur
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 04-10-2017 | 14:38 WIB
ppdb-sma-5_-2016jpg.jpg
Calon siswa bina lingkungan protes saat PPDB di SMAN 5 Sagulung. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Batam mengeluarkan surat edaran perihal pemberitahuan penarikan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sebesar Rp 150 ribu per bulan kepada orang tua murid.

Kepala sekolah SMAN 5 Sagulung Bahtiar, yang membenarkan adanya surat edaran tersebut, mengatakan kebijakan itu diambil sesuai hasil rapat pihak sekolah dan majelis guru.

"Iya, SPP kita sedikit lebih mahal dari ketentuan yang dikeluarkan gubernur. Namun hal itu sudah kita pertimbangkan dan disepakati bersama," katanya Pada Rabu, (4/10/2017).

Meskipun demikian, keputusan belum mutlak dilakukan, nantinya pihak sekolah juga akan melakukan sosialisai kepada seluruh wali murid. Dan jika ditemukan siswa yang tidak mampu, pihak sekolah akan memberikan keringanan sesuai dengan kemampuan wali murid masing-masing.

"Untuk SPP yang lebih ini akan kita gunakan menutupi siswa tidak mampu. Kalau memang ada yang benar-benar tidak mampu, pihak sekolah akan memberikan buku secara gratis, karena dana Bos masih Kurang," ujarnya.

Selain itu, uang SPP itu juga digunakan untuk membayar gaji guru honorer dan pegawai sekolah karena saat ini terdapat 22 tenaga honorer dan pegawai tata usaha.

"Uang itu juga akan dipergunakan untuk biaya jasa guru yang mengajar di atas jam pelajaran. Jadi dengan uang SPP para siswa ini, sekolah sangat terbantu," paparnya.

Sementara, salah seorang orang tua siswa, Tumbur Hutasoit mengatakan, surat edaran yang diberikan kepala sekolah untuk membantu meringankan pihak sekolah dan murid kurang mampu.

"Anggap aja kita bergotong royong untuk memenihi kebutuhan siswa tidak mampu dan membuat sekolah menjadi lebih baik lagi," kata Tumbur.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI