Terima Penghargaan Green Hotel Award 2017 dari Kemenpar

DLH Batam akan Jadikan Turi Beach Resort Percontohan Perhotelan
Oleh : Hadli
Jumat | 29-09-2017 | 21:56 WIB
tiru-beach-batam.gif
Turi Beach Resort Batam (Sumber foto: Asiatravel.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Turi Beach Resort Batam meraih penghargaan Green Hotel Award 2017 yang digelar Kementerian Pariwisata dalam ajang Apresiasi Pesona Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017.

Penghargaan yang diberikan kepada 10 industri perhotelan di tanah air oleh Kemenpar itu bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia 27 September yang diumumkan kepada pemenang penghargaan di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (28/9/2017) malam.

Green Hotel Award yaitu penghargaan yang diberikan kepada industri hotel di tanah air yang mengimplementasikan prinsip-prinsip ramah lingkungan.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Dendi N Purnomo, mengapresiasi digelarnya ajang Green Hotel Award 2017. Ia memberikan selamat kepada Turi Beach Resort.  

"Turi Beach Resort layak mendapat penghargaan tersebut karena memang selama ini memiliki konsep lingkungan yang asri," kata Dendi menanggapi BATAMTODAY.COM, Jumat (29/09/2017).

Selain itu, kata Dendi, Turi Beach Resort juga menggunakan barang yang lebih ramah lingkungan, seperti penyediyaan tisu, handuk dan sabun serta efesiensi dalam penggunaan listrik dan air.  

"Hal ini sejalan dengan salah satu konsep, program Pemko Batam untuk menerapkan Grend City. Untuk itu kita berencana menjadikan Turi Beach Resort sebagai percontohan untuk industri perhotelan yang ramah lingkungan di Batam," katanya kembali.  

Kriteria penilaian pada tahun 2017 menjadi 14 dari sebelumnya 12 kriteria. Yaitu kebijakan dan organisasi green team, pengelolaan tapak yang ramah lingkungan, penggunaan bahan baku dan produk ramah lingkungan, serta penyerapan kandungan lokal.

Kemudian pengelolaan konservasi dan efisiensi energi, pengelolaan konservasi dan efisiensi air, pengelolaan kualitas udara dalam dan ruang, ruang bangunan, pengelolaan limbah padatan dan air, pengelolaan lahan sekitar bangunan, serta pengendalian polusi kebisingan atau suara.

Selain itu, juga pengelolaan penyimpanan bahan kimia dan bahan berbahaya, kerja sama dengan komunitas dan organisasi lokal, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Berdasarkan data dari World Economic Forum pada 2017, environmental sustainabilityIndonesia berada di peringkat 131.

Pariwisata mempunyai peran penting dalam pembangunan ekonomi bangsa. Apalagi, sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu tulang punggung ekonomi bangsa.

Untuk mempromosikan pariwisata tanah air, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, akan mengusulkan lima nominasi Green Hotel Award sebagai peserta dalam ASEAN Green Hotel Award pada bulan Januari 2018 di Chiang Mai, Thailand.

Berikut daftar pemenang Green Hotel Award 2017 dan 5 hotel terbaik mewakili Indonesia di ajang ASEAN Green Hotel Award di Chiang Mai, Thailand, pada Januari 2018.

1. Hyatt Regency Yogyakarta
2. Jogjakarta Plaza Hotel
3. The Darmawangsa Jakarta
4. Melia Purosani Hotel Yogyakarta
5. Turi Beach Resort, Batam
6. Mercure Surabaya
7. Kila Senggigi Beach, Lombok
8. Grand Ina Malioboro
9. Alia Solo
10. Mercure Resort Sanur, Bali.

Editor: Udin


BNN-KEPRI