Resep Bikin Nugget Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan Nikmat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 29-09-2017 | 14:50 WIB
Nugget1.gif
Nugget. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Nugget menjadi makanan favorit keluarga. Ingin buat nugget sendiri di rumah, terbilang mudah, lebih sehat dan nikmat.

 

Simak tipsnya berikut ini:

1. Nugget yang baik dibuat dari bahan yang asli.Kalau dari ayam maka bahannya harus daging ayam, jangan menggiling juga kulit ayamnya. Nugget yang banyak kulit ayamnya akan keriput ketika selesai digoreng.

2. Tambahan telur sehingga nugget cukup empuk dan tidak terlalu padat, apalagi keras.

3. Kalau memang harus menggunakan tepung terigu, maka gunakan sedikit saja sehingga rasa dagingnya tetap terasa.

4. Nugget akan lebih enak lagi bila dicampur dengan roti tawar yang dilunakkan di dalam air panas atau susu panas.

Bisa juga dengan menambahkan tepung roti ke dalam nugget. Keduanya berfungsi sebagai pengikat yang membuat nugget tetap kokoh dan tidak buyar saat dimakan.

5. Meski awalnya nugget dibuat dari ayam, kita bisa menggantinya dengan daging yang lain seperti udang, ikan, dan daging sapi. Bahkan kini, nugget tempe dan tahu juga sedang naik daun.

6. Agar lebih sehat, nugget bisa dicampur sayuran. Baik dalam bentuk jus, cincangan, maupun pure.

Memanir Nugget

Gunakan beragam tepung panir agar nugget berbeda tampilan. Misalnya, tepung panir kasar, tepung panir oranye, atau tepung panir halus. Celupkan dulu ke dalam kocokan telur, baru gulingkan di atas tepung panir.

Nugget akan makin renyah kalau dibekukan dulu dalam freezer sebelum digoreng. Alasannya, tepung panir sudah lebih menempel sehingga tidak akan copot saat digoreng dan dibalik.

Sumber: Nova
Editor: Yudha


BNN-KEPRI