Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Manfaat Kontrasepsi Bagi Kesehatan
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 29-09-2017 | 13:14 WIB
kontrasepsi1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Hingga kini, di Indonesia masih saja ada yang meragukan penggunaan kontrasepsi. Alasannya beragam, salah satunya adalah banyaknya mitos serta miskonsepsi mengenai penggunaan alat kontrasepsi.

Dr. Tirsa Verani, Sp.OG., spesialis kandungan dari Brawijaya Women & Children Hospital menjelaskan, “Kontrasepsi memiliki peran penting dalam kesehatan fisik dan emosional seorang wanita. Kontrasepsi memungkinkan wanita menjadi orang tua yang lebih baik”.

Selain itu, tambahnya, pasangan yang merencanakan anaknya cenderung lebih berbahagia. Sementara pasangan yang mengalami kehamilan tidak direncanakan, sering mudah depresi dan cemas.

Lebih lanjut, mereka yang tidak siap menjadi orang tua lebih cenderung mengembangkan hubungan buruk dengan anak mereka.

Kemudian, kehamilan dengan jarak yang berdekatan bisa menyebabkan salah satu bayi lahir dengan berat badan lebih rendah.

"Selain itu, seiring dengan kemajuan riset dan kebutuhan wanita masa kini, kontrasepsi generasi baru diciptakan dengan memberi nilai lebih. Ada yang memiliki kandungan zat besi, dapat membantu mencegah jerawat, membuat kulis halus, serta berbagai manfaat kecantikan lainnya, sehingga semakin menambah kualitas penggunanya," pungkas dr. Tirsa.

Sumber: Nova
Editor: Yudha