Gerakan Membagun Budaya Bersih

Pegawai Kelurahan dan Kecamatan Bintan Timur Gelar Aksi Kutip Sampah
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 29-09-2017 | 10:02 WIB
kutip-1.jpg
Kecamatan Bintan Timur dan Kelurahan Kijang Kota galakkan budaya bersih. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kecamatan Bintan Timur (Bintim) bersama Kelurahan Kijang Kota mengutip sampah di sepanjang jalan areal fasilitas umum milik pemerintah dan sekitarnya. Kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan dalam upaya membangun budaya bersih di Kabupaten Bintan.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Bintan Timur, Agus Ariyadi kepada BATAMTODAY.COM mengatakan program mengutip sampah sepanjang jalan adalah langkah tepat untuk membangun budaya bersih. Hal tersebut juga bagian dari gotong royong dan membangun jiwa kebersamaan.

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk membersihkan areal fasilitas umum milik pemerintah daerah seperti Relif, Taman Kijang City work (KCW), masjid besar Nurul Iman dan taman kota.

"Ini merupakan salah satu langkah dominan untuk membangun budaya bersih di lingkungan kita. Selain itu, kita juga agendakan untuk kegiatan ini akan dilakukan 2 kali dalam 1 bulan, di hari Kamis," tutur Adi, Kamis (28/9/2017).

Sasaran dalam kegiatan ini adalah membersihkan sampah-sampah plastik dan kantong-kantong yang berserakan di areal jalan. Mengingat Bintan Timur adalah kota yang telah ditetapkan sebagai kota bersih, hal ini dibuktikan dengan Kabupaten Bintan telah memperoleh piala Adipura sebagai daerah yang bersih.

"Untuk tetap menjaganya, agar tetap bersih kita mesti mampu membangun budaya bersih, bersih terhadap lingkungan sekitar dan bersih terhadap lingkungan pemukiman. Hal tersebut sesuai dengan komitmen Bapak Bupati Bintan untuk menciptakan Bintan bersih dan Bintan sehat," sebut Adi.

Adi menambahkan kegiatan tersebut dipelopori oleh Kelurahan Kijang Kota dan tidak menutup kemungkinan setiap Kelurahan, di Kecamatan Bintim akan melakukan hal yang sama.

"Kami berharap tidak hanya Kelurahan Kijang Kota saja yang melakukan hal ini, namun untuk seluruh Keluhan yang ada dapat melakukan hal yang sama," harap Adi.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI