Galakkan Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini

Bunda Paud Bintan Bersih-bersih Pantai Bersama Anak TK Tunas Muda
Oleh : Harjo
Minggu | 24-09-2017 | 13:01 WIB
bunda-paud-bintan3.jpg
Bunda Paud Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi bersama anak-anak TK Tunas Muda saat melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Trikora. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Untuk menggalakkan hidup bersih dan sehat, tidak saja dilakukan oleh orang-orang dewasa, tapi bisa juga anak-anak. Namun, tentu dengan cara yang berbeda.

Hal itu telah dibuktikan anak-anak TK Tunas Muda, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, dengan menggelar aksi bersih-bersih di lokasi pantai sambil bermain ceria, tepatnya di kawasan Pantai Trikora, Minggu (24/9/2017).

Kegiatan bersih-bersih pantai bertemakan 'Save Our Earth and Sea 2017' ini juga diikuti Bunda Paud Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi.

Kegiatan bersih-bersih oleh anak-anak TK Tunas Muda, kata Deby, bukan sekedar seremonial membersihkan sampah belaka, tetapi untuk mengajak anak-nak menggalakkan kepedulian terhadap lingkungan sejak usia dini.

"Kegiatan ini sangat positif, di mana anak-anak sambil bermain diberikan pemahaman tentang pentingnya hidup bersih dan sehat, dan juga mengajak anak usia dini untuk peduli dan ikut serta dalam kebersihan lingkungan," ungkap Deby.

"Membersihkan sampah itu mudah, tapi yang perlu digalakkan yaitu bagaimana menciptakan kesadaran sejak usia dini, agar nantinya tidak mudah membuang sampah sembarangan," tambahnya.

Sementara itu, Megan, seorang turis mancanegara dari Afrika Selatan yang menyaksikan tingkah polah anak-anak TK yang melakukan bersih-bersih pantai, mengaku sangat terkesan ketika melihat semangat dan antusiasme anak-anak TK untuk ikut serta peduli membersihkan lingkungan.

Saya rasa ini hal yang sangat menarik, di mana anak-anak tidak saja diajarkan untuk bersekolah namun juga bagaimana belajar peduli arti kebersihan pantai dan juga laut. Sangat seru untuk ikut serta bersama-sama mereka membersihkan sampah di sepanjang pantai," ujarnya.

Editor: Surya


BNN-KEPRI