Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Bintan Gagas Layanan Kesehatan Jemput Bola Sistem Door to Door
Oleh : Harjo
Sabtu | 23-09-2017 | 14:38 WIB
Bupati-Bintan-Apri2.gif Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Apri Sujadi menggagas inovasi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sistem jemput bola atau door to door.

Apri menjelaskan, inovasi tersebut bertujuan membantu masyarakat secara langsung di tempat atau di rumahnya. Inovasi ini juga digagas untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan bagi masyarakat akibat sulitnya akses transportasi ataupun kesulitan ekonomi, utamanya dibeberapa kasus yang perlu diberikan pertolongan dengan segera.

"Tujuan Layanan ini untuk mendukung Program Kesehatan Gratis Pemkab Bintan agar dapat dirasakan seluruh masyarakat hingga ke pelosok-pelosok desa, dan dalam beberapa kasus, pasien akan langsung dikunjungi oleh petugas-petugas kesehatan utamanya pasien dengan kasus emergency atau darurat. Untuk pasien yang berada di pesisir pulau, nantinya fasilitas Kapal Puskesmas Apung akan sangat berguna," terang Apri, Sabtu (23/9/2017).

Dirinya juga mencontohkan beberapa kasus pasien penderita penyakit atau kejadian darurat yang akan menerima layanan tersebut diantaranya bagi warga lanjut usia yang susah keluar dari rumah, pasien diabetes atau kencing manis yang memang harus dikontrol dan biasanya sudah terdata di Puskesmas/Rumah Sakit.

"Layanan kesehatan jemput bola dengan skala prioritas ini, hendaknya mampu menjawab keinginan masyarakat akan kebutuhan hidup sehat," ujarnya.

Diketahui beberapa waktu lalu, Bupati Bintan H Apri Sujadi mencanangkan agar Puskesmas yang berlokasi padat penduduk dapat membuka pelayanan hingga jam 10 malam. Ia juga meminta agar Puskesmas dan Rumah Sakit dapat memasang papan SOP (Standar Operasional Prosedur) pelayanan kesehatan yang berguna sebagai informasi layanan ketika masyarakat ingin berobat.

Editor: Yudha