Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Amankan Sepeda Motor dari Incaran Maling
Oleh : Redaksi
Sabtu | 23-09-2017 | 10:17 WIB
gembok-cakram.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meningkatnya aksi pencurian kendaraan bermotor yang terekam dan viral di media sosial membuat masyarakat resah. Para pelaku kejahatan bahkan beraksi di siang hari dan tidak segan-segan menggunakan kekerasan dalam melancarkan aksinya.

Pemilik roda dua tidak boleh lengah terhadap aksi kejahatan ini. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengamankan kendaraan miliknya.

"Paling mudah adalah dengan tidak lupa memberikan kunci gembok pada lubang cakram," ucap Raymon Lie, ahli kunci dari Komando Key saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kualitas gembok yang digunakan, jangan memilih yang berharga murah. Sebab, kualitas gembok seperti itu masih mudah untuk dibuka oleh komplotan penjahat, bisa dengan cara merusaknya, atau memberikan cairan asam untuk kemudian melepaskannya dari cakram.

Pemilik sepeda motor juga jangan terlalu percaya pada pengaman magnet yang sudah ada.

Menurut Raymon, penutup magnet hanya mmenyita waktu lima detik untuk usaha pembobolan.

"Usaha lainnya bisa memodifikasi lubang kunci jadi model ding dong atau bulat. Selama ini bentuk titik, selama lubang kunci besar, obeng T bisa masuk. Ding dong bentuknya bulat jadi tidak bisa masuk. Model ini masih terbaik," ucap Raymon.

Sumber: Otomania.com
Editor: Gokli