Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 3 Penyebab Alami Rasa Lelah Terus-menerus
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-09-2017 | 10:14 WIB
lelah-sudah.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bangun pagi buta dan harus bersiap menjalani rutinitas pukul 09.00 - 17.00 WIB pasti membuat lelah. Hal ini berlangsung terus setiap hari kecuali akhir pekan.

Tak dimungkiri, rasa lelah memang sudah menjadi kawan karib, tetapi rasa lelah yang terus-menerus bisa jadi suatu gejala penyakit yang tidak disadari.

Rasa lelah yang terus-menerus tak cuma disebabkan karena rutinitas tetapi juga masalah kesehatan, psikologis, dan gaya hidup.

1. Masalah Kesehatan

Lelah tak hanya akibat kurang tidur, tetapi juga akibat masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kelelahan adalah penyakit celiac atau alergi makanan khususnya terhadap makanan dengan kandungan protein yang disebut gluten.

Selain itu, serangan anemia juga jadi biang keroknya. Penyakit ini jadi banyak penyebab kasus kelelahan berkepanjangan. Sindrom lelah kronis bisa memicu rasa lelah ekstrem dan masalah tidur. Mereka yang terkena sindrom ini harus benar-benar berjuang melalui aktivitas sehari-hari.

Penyakit-penyakit lain seperti diabetes, bengkak pada kelenjar gondok, demam kelenjar, serta sleep apnea atau gangguan tidur yang mengganggu pernapasan juga jadi penanda penyakit ini.

2. Masalah Psikologis

Masalah psikologis juga dapat memunculkan rasa lelah. Rasa cemas berlebih mengakibatkan tubuh sulit untuk beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Salah satu gejala depresi adalah rasa lelah ekstrem. Tak hanya membuat orang sulit tidur, ini juga bisa membuat tubuh terasa tak punya energi.

Penting untuk mengolah stres, memberi jeda pada rutinitas dan rileks sejenak. Relaksasi tak hanya degan meditasi, tapi bisa juga dengan melakukan hobi.

3. Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang sehat mau tidak mau menyumbang rasa lelah pada tubuh. Konsumsi alkohol secara terus-menerus bisa mengganggu tidur dan memicu bangun tengah malam.

Rutinitas yang 'berantakan' seperti bekerja sampai larut, banyak keluar malam bisa membuat tubuh lelah. Oleh karena itu, biasakan untuk memiliki rutinitas yang sehat seperti menghindari alkohol dan menambah konsumsi air.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Gokli