Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Walau Sudah Anggota Polri Tetap Semangat Budayakan Seni Beladiri Pencak Silat
Oleh : Harjo
Jumat | 22-09-2017 | 08:50 WIB
silat1.jpg Honda-Batam
Topan Okta Pratama (paling kiri belakang) saat menerima medali dalam event pencak silat Walikota Tanuungpinang Cup 2017. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Bripda Topan Okta Pratama anggota Satlantas Polres Bintan, walau pun sudah sekitar tiga tahun menjadi anggota Bintara Polri. Namun, tetap peduli untuk ikut melestarikan budaya seni bela diri pencak silat yang dipelajarinya sebelum menjadi anggota Polri.

 

Walau pun sudah lama ikut dalan evenr resmi, namun bakat yang dimilikinya masih ditunjukkannya dengan mengikuti event pencak silat Walikota Cup Tanjungpinang dan berhasil meraih juara III di kelas G 75-80 kg.

Topan panggilan akrabnya, yangbpernah mewakili Bintan pada ajang Popda Kepri dan Porprov Kepri 2010 lalu, menyampaikan dia bisa kembali tampil menjadi atlit silat Bintan, memang tidak terlepas dari dukungan atasannya di Polres Bintan dan keluarga besar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) serta keluarganya, baik istri dan orangtuanya.

Karena menurutnya, sebelum bisa tampil dalam turnamen Walikota Cup Tanjungpinang, dirinya memang terlebih dahulu mempersiapkan diri. Baik fisik, mental dan tehnik bertanding.

"Turun dalam ajang pencak silat Walikota Cup ini, berharap semoga generasi penerus terutama di Polri untuk terus mengharumkan citra polri. Lebih berani menampilkan bakat yang ada di dirinya sendiri," ujar Topan.

Sementara itu, untuk generasi muda pencak silat, teruslah untuk mengembangkan budaya seni bela diri pencak silat. Mengingat seni beladiri pencak silat adalah salahsatu seni peninggalan leluhur, secara turus temurun sehingga sangat penting untuk dilestarikan.

"Sebaliknya, para pesilat juga tentunya tidak menyalahgunakan keahliannya, dalam kehidupan bermasyarakat, yang dapat merugikan diri sendiri serta orang lain," tambah Topan.

Editor: Dardani