Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia di Ambang Juara Umum ASEAN Para Games
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 22-09-2017 | 08:12 WIB
perenang-indonesia-gusmalayanti-tengah.jpg Honda-Batam
Perenang Indonesia Gusmalayanti (tengah) disamping perenang Malaysia Lim Carmen (kiri) dan perenang Thailand W Wilasini. (Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman)

 

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Berkat perjuangan gigih yang tidak mengenal menyerah, kontingen Indonesia di ambang kepastian meraih gelar juara umum ASEAN Para Games IX/2017 Malaysia. Meskipun perburuan medali masih akan berlangsung hingga Sabtu (23/9).

 

Hingga Kamis (21/9), Kontingen Merah Putih masih terus kokoh memuncaki klasemen perolehan medali dengan raihan 91 emas, 53 perak dan 38 perunggu. Dari berbagai arena Indonesia menambah 21 emas, yakni dari renang (13) , atletik (3), angkat besi (2), panahan (1) dan balap sepeda (1).

Secara total sampai hari kelima perburuan medali sudah 276 dari 368 yang diperebutkan. Masih tersisa 92 emas yang akan diperebutkan sampai pesta olahraga ini ditutup dua hari lagi.

Namun melihat Indonesia unggul jauh sampai puluhan emas maka negara-negara peserta lainnya akan sukar menggeser pasukan Garuda dari urutan teratas. Indonesia takkan terkejar lagi, termasuk oleh tuan rumah Malaysia yang terus membayangi Indonesia di urutan dua dengan 71 emas, 65 perak dan 55 perunggu.

Apalagi pada Jumat (22/9), Indonesia masih mempunyai cabang andalan untuk menambah perbendaharaan emas.

Dengan demikian, Indonesia sukses mewujudkan target merebut kembali gelar juara umum yang dua tahun lalu direbut Thailand pada APG Singapura 2015. Selain lebih memantapkan dominasi, kosentrasi Indonesia kini menambah emas untuk mencapai atau bahkan melampaui target 107 emas.

Dari 70 emas yang akan diperebutkan Jumat, para atlet Nusantara diperkirakan dapat menyabet minimal 18 emas. Tambahan ini sudah membuat Indonesia meraih dua sukses yaitu mantap sebagai juara umum dan sukses mewujudkan target medali.

"Kami juga sudah membuat analisa raihan emas besok (Jumat). Mudah-mudahan apa yang diperkirakan bisa terwujud sehingga Indonesia juara umum dan memenuhi target medali," ujar Chef de Mission (CdM) Kontingen APG IX/2017 Indonesia, dokter Bayu Rhardian dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Kamis (21/9).

Bayu menyatakan, apa yang sudah tercapai sampai saat ini merupakan hasil perjuangan luar biasa para atlet yang tidak kenal menyerah di arena. Kerjasama apik dan kompak seluruh anggota tim juga memberikan dorongan yang luar biasa.

"Terimakasih para atlet dan semua yang telah mendukung kelancaran perjuangan di Malaysia. Saya harap semua tetap fokus untuk menambah medali sehingga target yang dicanangkan tercapai. Tetap semangat dan jangan lengah," ujar Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus di bawah Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) itu.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan panitia cabang olahraga yang memperebutkan emas Jumat ini adalah panahan (2 buah), atletik (26), bulu tangkis (12), sepak bola cerebral palsy (1), renang (10), boling (2), voli duduk (1), dan basket kursi roda (1). Diperkirakan Indonesia minimal meraih 18 emas namun bisa lebih mengingat semua mempunyai peluang besar menjadi yang terbaik.

Editor: Dardani