Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdukcapil Jawab Keluhan Masyarakat Melalui Program Lingga Menyapa
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 20-09-2017 | 13:38 WIB
Lingga-Menyapa1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Program Lingga Menyapa di Radio Bunda Tanah Melayu. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Tingkatkan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lingga menerima keluhan masyarakat melalui program 'Lingga Menyapa' di Radio Bunda Tanah Melayu (RBTM).

 

Kepala Disdukcapil Lingga Syamsudi mengatakan, adanya program tersebut sangat membantu kinerja mereka. Segala permasalahan yang dihadapi masyarakat terhadap pelayanan di Disdukcapil dapat di sampaikan melalui telepon ke saluran RBTM, dan langsung dapat dijawab.

"Kami terus meningkatkan pelayanan masalah administrasi kependudukan masyarakat Kabupaten Lingga, baik itu KTP, KK dan akta kelahiran kami selalu siap, sesuai dengan beberapa program yang telah kami susun," ungkapnya, Rabu (20/9/2017).

Dikatakan, peningkatan pelayanan publik dalam bidang kependudukan dengan pelayanan jemput bola dan meningkatnya kepemilikan dokumen kependudukan sehingga penduduk Kabupaten Lingga terlindungi dengan adanya dokumen kependudukan dari Disdukcapil.

"Tanggung jawab dan target kita terialisasinya kepemilikan kepastianbhukum dan hak sipil masyarakat atas kepemilikan dokumen kependudukan," terang mantan Kepala BKD Lingga ini.

Dia juga mengakui kendala yang mereka hadapi dalam meningkatkan pelayanan yakni karena Kabupaten Lingga terdiri dari kepulauan, hingga sistem jemput bola juga terkendala dengan transportasi memasuki desa-desa yang berada di kepulauan dan pesisir.

"Keterbatasan anggaran untuk menuju ke masing-masing desa dan juga faktor cuaca menghambat mobilisasi masyarakat ke titik pelayanan. Ini menjadi kendala kita dalam meningkat pelayanan," ujarnya.

Akan tetapi sambung Syamsudi, pihaknya sudah mencari solusi agar kendala tersebut dapat teratasi dengan menyiapkan beberapa langkah.

"Solusi kami ambil dan akan di jalankan pada tahun ini, dengan pelayanan administrasi kependudukan terpusat pada titik tertentu dengan melayani beberapa desa sekitar dan penerbitan dokumen kependudukan langsung di cetak di tempat, pelayanan kurang dari satu jam dan tanpa di pungut biaya," imbuhnya.

Di RBTM pihaknya menampung aspirasi dari masyarakat Lingga terkait pelayanan dokumen kependudukan, apa yang menjadi keluhan dan masukkan di tampung guna mencari solusi yang terbaik.

Editor: Yudha