Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

INASGOG Luncurkan Portal Resmi Volunteer Asian Games 2018
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-09-2017 | 09:15 WIB
erik_tohir.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Inasgog ,Erick Thohir bersama pejabat Inasgog pada acara peluncuran portal resmi Asian Games 2018 di wisma serbaguna , Senayan, Jakarta. (Foto: Ist)

BATAMTODAY,Jakarta - Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOG) meluncurkan secara resmi portal volunteer atau relawan yang akan terlibat sebagai staf dan workforce pesta olahraga bangsa Asia yang akan digelar ,18 Agustus - 2 September 2018 .

 

Peluncuran yang menandakan.dimulainya proses rekruitmen bagi 13.000 relawan ini dilaksanakan di INASGOG Headquarters,wisma Serbaguna,Senayan,Jakarta,Senin (18/9/2017).

Acara peluncuran ini dihadiri ketua INASGOG,Erick Thohir,seluruh Jajaran INASGOG,serta perwakilan human resources development Palembang.

Momen peluncuran diinagurasi saat calon volunteer yang merupakan perwakilan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi melakukan pendaftaran secara online.

"Tepat sebulan setelah Countdown setahun menuju Asian Games 2018,portal rekruitmen volunteer/relawan yang akan terlibat di pesta olahraga terbesar Asia resmi kami buka .Hal ini menunjukkan keseriusan kami menggelar Asian Games 2018.Saya berharap sekali,banyak anak-anak muda Indonesia mendaftarkan diri dan ikut serta karena Asian Games kali ini milik kita dan.harus kita sukseskan bersama."Ujar Erick.

Ditambahkan Erick Thohir, kesempatan menjadi relawan di Asian Games 2018 merupakan kesempatan langka."Belum tentu dalam 56 tahun lagi kita akan berkesempatan menjadi tuan rumah.

Apalagi Asian Games multi event terbesar kedua di dunia setelah olimpiade.Jika ada anak-anak muda kita punya kualifikasi sesuai persyaratan,seperti bahasa asing,kemampuan.komunikasi ,dll, maka saya mengajak untuk menjadi bagian dari Asian Games in," ajak Erick Thohir.

Untuk mendaftar sebagai volunteer Asian Games ,para calon bisa melakukan registrasi melalui online recuitment system yang ada dalam.website resmi Asian Games 2018: http://volunteer.asiangames2018.id.

Sistem rekruitmen online merupakan kerjasama antara departemen human resources & volunteer dengan departemen.IT & T INASGOG. Pendaftaran ini terbuka bagi masyarakat Indonesia.pada umumnya, dan khususnya mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terpilih.

Periode registrasi untuk test.event resmi.di bulan Februari 2018 akan dibuka mulai hari ini ,18 September hingga 23 Oktober 2017 .Sedangkan untuk pendaftaran untuk Games.Times akan mulai dibuka pada bulan.Desember 2017.

Volunteer yang telah berpartisipasi pada test event diharapkan dapat berpartisipasi kembali saat Games Times,dengan lingkup tugas yang sama karena.sudah terlatih saat berpartisipasi di test event.

"Secara keseluruhan kami membutuhkan sekitar 13 ribu relawan untuk Games Times pada tahun depan,namun.untuk menghadapi test event resmi Asian Games 2018 yang semakin.dekat di bulan Februari ,dan membutuhkan 2000 volunteer untuk melakukan TOT (Training Of Trainee) kepada calon volunteer yang.lulus tahapan seleksi," jelas Ousparani Hakim, Koordinator Human Resources & Volunteer Department.

Dijelaskan Pusparani Hakim, karena daya tarik pesta olahraga yang diikuti 45 NOC ( National Olympic Committee) di benua Asia ini juga menarik.minat generasi muda dari luar negeri,maka pihaknya memberikan porsi 30 persen dari total kebutuhan kepada volunteer dari luar Indonesia.

Semua pendaftaran akan melalui proses screening ketat dan melibatkan instansi terkait di pemerintahan,Sementara persyaratan lainnya bersifat umum,bagi calon dari Indonesia maupun luar negeri,.seperti berusia 18 tahun atau lebih,menguasai bahasa inggris dan atau bahasa negara-negara Asia,Komunikatif,inisiatif dan mampu bekerja dalam tim,bersemangat dan ingin mempelajari hal baru."tambahnya.

Berikut ini jadwal rekruitmen volunteer untuk test event Februari 2018 :
1. Pendaftaran online 18.September-23 Oktober 2017 2. Pemanggilan calon volunteer yang telah berhasil melalui tahapan -tahapan yang ada 20- 25 november 2017.
3. Grup diskusi dan wawancara : 27 November - 02 Desember 2017 .
4.Penandatanganan kontrak volunteer test event: 12 - 16 Desember 2017.

Editor: Dardani