Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Nama Cawako Tanjungpinang Ikuti Fit And Proper Test di DPP-PDIP
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 19-09-2017 | 18:38 WIB
Cawako-TPI.gif Honda-Batam
Sebanyak 4 orang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang diusung PDI-P pada Pilkada Kota Tanjungpinang dikirimkan ke DPP-PDIP untuk mengikuti fit and proper test lanjutan (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 4 orang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang diusung PDI-P pada Pilkada Kota Tanjungpinang dikirimkan ke DPP-PDIP untuk mengikuti fit and proper test lanjutan.

Ketua DPD-PDIP Kepri, Soerya Respationo, mengatakan bahwa pengiriman 4 nama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota itu, merupakan tindak lanjut proses penjaringan bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang di internal PDIP.

"Setelah meloloskan empat nama di tingkat penjaringan DPC dan DPD PDIP Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri, selanjutnya berkas ke-4 orang calon yang kami nyatakan lolos langsung dikirim ke DPP-PDIP pusat untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit dan proper test) di DPP PDIP," sebut Soerya Respariono melalui rilisnya, di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Tes ini, tambah mantan Wakil Gubernur Kepri ini, dilakukan untuk melihat kemampuan kecakapan dan kelayakan calon yang diusulkan oleh PDIP.

Proses fit and proper test di DPP-PDIP sendiri, tambah Suryo, melibatkan sekitar 20 Akademisi dari Universitas Indonesia dan dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Soerya menambahkan, psikotes akan menunjukkan leadership bakal calon. Setelah itu, barulah dilaksanakan fit and proper test. Dalam tahap itu, para bakal calon akan ditanyai bermacam-macam hal. Salah satunya mengenai pemahaman mereka tentang permasalahan di Kota Tanjungpinang.



Seseorang yang ingin menjadi pemimpin daerah, sambungnya, harus mengenal permasalahannya. Untuk itu, partai mewawancarai satu per satu untuk melihat pemahaman calon tentang daerah, masalahnya dan juga ideologi Pancasila.

"Berapa pertanyaan itu rahasia, tidak boleh dibeberkan dan sudah diingatkan sama DPP tadi. Intinya pertanyaan tentang komitmen visi-misi hampir menyeluruh," papar mantan Wagub Kepri ini

Selain Akademisi, PDIP juga menerjunkan Wakil Sekjen Enrico Sotarduga dan Ketua DPP PDIP Idham Samawi, untuk mengawasi proses seleksi. Keduanya akan aktif terjun mewawancarai satu per satu calon.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Prov Kepri sudah resmi menutup pendaftaran dan pengembalian formulir untuk bakal calon Wali Kota melalui partai tersebut. Sebanyak 4 nama telah masuk dalam tahap penjaringan itu untuk diusulkan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Untuk Pilwako Tanjungpinang, PDIP mengusulkan H Lis Darmansyah SH sebagai bakal calon Wali Kota. Sedangkan bakal Calon Wakil Wali Kota, PDIP mengusulkan tiga nama yaitu dr Maya Suryanti, H Adnan dan kader internalnya Muhammad Syahrial.

Di tempat yang sama, Balon Wali Kota Lis Darmansyah, mengaku optimis menyelesaikan proses seleksi ini.

"Tadi ditanyakan soal kepemimpinan dan seluruh proses pencalonan. Insya Allah berjalan lancar semua," kata Lis.

Editor: Udin