Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Memenuhi Persediaan Darah, RSUD Tanjunguban Gandeng Kawasan Industri Bintan
Oleh : Harjo
Selasa | 19-09-2017 | 14:26 WIB
Donor-darah-KIB-Lobam1.gif Honda-Batam
Kegaiatan donor darah di KIB Lobam. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di RSUD Tanjunguban, manajemen RSUD Tanjunguban mengandeng pengelola Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam. Sebanyak 51 karyawan dari sejumlah perusahaan KIB Lobam, mengikuti kegiatan bakti sosial, yang diselenggarakan di wisma PT Bintan, selasa (19/9/2017).

Direktur RSUD Tanjunguban, dr Kurniakin kepada BATAMTODAY.COM di KIB Lobam, menyampaikan pihak RSUD Tanjunguban, sangat terbuka bagi masyarakat terutama organisasi dan perusahaan yang akan bekerjasama dalam menggalang persedian stok darah di RSUD Tanjunguban. Terutama masyarakat yang ada di lingkungan wilayah kerja RSUD Tanjunguban.

"Mengingat, hingga saat ini stok darah unyuk pasien masih selalu kekurangan. Makanya kita berharap agar berperan serta dalam memenuhi kebutuhan darah, untuk membantu agar apa bila pasien membutuhkan tidak perlu jauh-jauh mencari darah," harapnya.

Sampai sejauh ini, kata Kurniakin, setiap bulan RSUD Tanjunguban sedikitnya membutuhkan 100 kantong darah, dan stok darah rata-rata masih di kisaran 80 kantong darah. Dimana selama ini, apa bila membutuhkan darah, terpaksa mengambil dari luar baik dari Batam atau Tanjungpinang.

" Untuk mengantisifasi kebutihan darah fasien, selama ini kita juga mengunakan bank data masyarakat pendonor. Juga melalui lingkungan RS atau keluarga pasien yang membawa pendonor," katanya.

Sementara itu, Jamin hidajat, Senior Laison Meneger PT Bintan inti Industrial Estate (BIIE) Lobam, menyampaikan bakti sosial seperti donor darah memang sama-sama memberikan dampak positif baik terhadap pendonor dan penerimanya.

"Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena sama-sama memberikan damapk positif baik bagi pendonor dan manfaat bagi penerimanya," ujarnya.

Melihat dari respon karyawan yang ada di KIB Lobam dalam acara bakti sosial donor darah kali ini. Direncanakan akan dilaksanakan secara reguler, minimal enam bulan satu kali. Dengan melibatkan seluruh perusahaan dan karyawannya yang ada di KIb Lobam.

Dari kegiatan bakto sosial di perdana di KIB Lobam, sedikitnya terkumpul 25 kantong darah dari karyawan yang memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya.

Editor: Yudha