Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lakukan Cara Darurat Ini saat Kabel Gas Motor Mendadak Putus
Oleh : Redaksi
Senin | 18-09-2017 | 12:38 WIB
Tali-gas-putus1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi tali gas motor.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Putusnya kabel gas sepeda motor tidak mengenal waktu, kapan saja bisa terjadi. Hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri jika part penyalur instruksi untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin (RPM) tersebut putus secara mendadak ketika motor kita kendarai.

Terlebih saat bertepatan dengan motor kita gunakan untuk melaju di daerah pegunungan atau perdesaan yang jauh dari bengkel dan persediaan part tersebut.

Ketika seling gas putus pastinya motor tidak akan bisa dikendarai, dan kalau mau mendorong motor pastinya juga terlalu capek.

Untuk itu sedikit alternatif, cara darurat ini bisa otolovers gunakan saat menghadapi keadaan tersebut.

Jika yang putus di bagian ujung handle gas, caranya, tarik saja kabel seling gas tersebut. Kemudian ambil pipa yang berbentuk 'L' pada ujung kabel gas.

Nah sekarang kabel 'seling' sudah kelihatan. Hidupkan kembali mesin motor, untuk menaikkan RPM mesin bisa dengan cara menarik kabel tersebut dan untuk menurunkannya, bisa dengan cara melonggarkannya.

Untuk berkendara dengan kondisi ini pasti butuh sangat hati-hati, dan perlahan saja, sampai otolovers menemukan bengkel terdekat, untuk menggantinya.

Oh ya, sekedar untuk diketahui, cara ini hanya berlaku untuk sepeda motor yang menggunakan single kabel seling gas. Biasanya, motor yang masih menggunakan teknologi pengabutan karburator.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha