Simak, Ini Cara Membedakan Mana Parfum Mahal dan Murah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-09-2017 | 14:27 WIB
parfum1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta – Menggunakan parfum, selain karena menghalau bau tak sedap yang mungkin muncul, namun juga bisa memberi efek relaksasi bagi kita. Keharumannya bervariasi, begitu juga dengan harganya mulai dari yang murah hingga yang mahal.

"Tidak ada cara yang mutlak untuk mengenali parfum mahal dengan yang murah. Daya tarik sebuah aroma sangat berkaitan dengan memori yang tersimpan dan kesan kita," kata pembuat parfum dan ahli aromaterapi Tatiana Estevez.

Meski begitu, menurut dia ada beberapa perbedaan khas antara parfum mahal dengan yang murah. Pertama, parfum murah cenderung memiliki kesan manis.

"Ini bukan karena kandungannya yang murah, tetapi karena parfum yang murah memiliki target pasar orang muda yang cenderung tidak memiliki banyak uang," jelas Tatiana.

Perbedaan lain yang mencolok adalah parfum mahal aromanya lebih awet ketika dipakai. Kebanyakan parfum murah bisa meniru aroma parfum mahal pada top note-nya (wangi yang pertama tercium), namun biasanya hanya bertahan setengah jam setelah disemprotkan.

Ketahanan aroma parfum didapatkan dari minyak esensial, dan tanpa minyak esensial untuk middle note (jantung utama sebuah aroma parfum) dan base note (kesan terakhir yang bertahan lama).

"Rasakan bagaimana wangi kedua jenis parfum itu di kulit kita setelah dua jam, empat jam dan enam jam. Parfum yang lebih murah tidak berbau sama sekali setelah kurun waktu tersebut," terang Estevez.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI