Bermodal Rp5 Juta, Pemuda Bintan Ini Sukses Jalankan Usaha Percetakan
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 16-09-2017 | 14:14 WIB
Bintan-Grafika1.gif
Hanya bermodal Rp 5 juta, Nazaruddin sukses jalankan usaha percetakan. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dengan uang Rp 5 juta, Nazaruddin (28) warga Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur (Bintim) nekat membangun usaha percetakan. Bermodal pengalaman dasar yang diperolehnya dari tempatnya bekerja.

Niatnya dalam membuka usaha ini, lantaran Nazar mengaku kesulitan mencari pekerjaan. Sehingga timbul tekad untuk merintis usaha sendiri, dengan modal awal yang dipinjamnya dari salah satu Bank BUMN yang ada di Bintan. Kini ia mampu menghasilkan pendapatan, bahkan sudah mampu menggaji satu pegawainya.

"Awalnya saya cari kerja, sudah kesana kesini, gak kunjung dapat juga. Akhirnya saya berpikir untuk membuka usaha sendiri, alhamdulilah sampai saat ini berjalan lancar," kata Nazar saat ditemui di kios percetakannya, Grafika Bintan, Jalan Barek Betawi, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintim, Sabtu (16/9/2017).

Usaha yang dirintisnya itu, menerima pembuatan berbagai percetakan. Antaranya cetak undangan, sablon, sepanduk, x bener, editing foto, catak foto, jasa disign, jilis hard cover, jilid soft cover, kartu nama, map, amplop, stiker, yaasin, nota, piagam atau sertifikat, brosur, kop surat dan lain lain.

"Untuk undangan, kita bisa bantu desain sesuai dengan selera pelanggan. Bagitu juga sepanduk kita juga bisa buatkan designya, pokoknya apapun yang membutuhkan desain kita bisa buatkan," ucap Nazar.

Nazar berharap, usaha yang dirintisnya selama satu tahun itu, bisa mengumpulkan modal yang lebih banyak lagi. Untuk memperbesar usahanya, sehingga nantinya bisa menampung tenaga kerja yang lebih banyak lagi.

"Harapan saya semoga usah ini lancar, semakin banyak pelanggar yang mengorder. Agar bisa mengumpukan modal untuk memperbesar usaha ini. Biar kawan kawan yang masih nganggur bisa saya ajak berkerja sama," harap Nazar.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI