Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Basarnas Tanjungpinang Perluas Pencarian Korban Tabrakan Kapal Sampai ke Pulau Berakit Bintan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Jumat | 15-09-2017 | 19:02 WIB
Laporan-Laka-Singapura111.gif Honda-Batam

PKP Developer

Laporan kejadian tabrakan kapal MT Kartika Segara dan JBB De Rong di Selat Singapura. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang bersama Rescue Comand Center (RCC) Singapore, memperluas pencarian korban tabrakan kapal JBB DE Rong berbendera Dominican Republik hingga ke Pulau Berakit Kabupaten Bintan, Jum'at (15/9/2017).

"Kita masih lakukan pencarian korban, sesuai koordinasi dari Maritime anda Porth Authority (MPA) of Singapore, pencarian korban kapal tabrakan di perairan Selat Singapore diperluas ke arah Berakit Kabupaten Bintan," ujar Kepala Basarnas Tanjungpinang, Djunaidi, saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Jum'at (15/9/2017).

Djunaidi menjelaskan, sebelumnya pencarian korban laka laut hanya difokuskan di perairan Pulau Senang Singapore saja, tetapi untuk hari ini diperluas ke arah Pulu Berakit Kabupaten Bintan.

"Jika sebelumnya pencarian difokuskan di perairan Pulau Senang, hari ini pencarian diperluas ke arah perairan Berakit," katanya.

Dalam pencarian di perairan Pulau Berakit, Basarnas Tanjungpinang juga dibantu seluruh unsur RCC Singapore, seperti pesawat dan helikopter diturunkan dari Singapore.

Sementara itu, dari Basarnas Tanjungpinang dalam pencarian di Pulau Berakit, pihaknya menurunkan Kapal KM Bisma, KM 209 dan satu unit Kapal RIP Basarnas Tanjungpinang.

"Untuk kru, kita turunkan 28 orang," katanya.

Menurutnya, sampai saat ini korban yang baru ditemukan baru dua orang, yang ditemukan di dalam lambung kapal JBB DE Rong berbendera Dominican Republik, sehingga masih ada 3 orang korban lagi yang sampai saat ini belum ditemukan.

"Dari 5 orang korban yang diketahui hilang dalam insiden ini, baru 2 korban saja yang baru ditemukan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapal MV Kartika Segara berbendara Indonesia, tabrakan dengan kapal JBB DE berbendera Dominican Republik di perairan Selat Singapura, yang mengkibatkan 5 orang kru kapal JBB De Rong dinyatakan hilang akibat tabrakan ini, Rabu (13/9/2017) pukul 00:45 Wib.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNNP) Tanjungpinang, Djunaidi, membenarkan kejadian tabrakan kapal MV Kartika Segara dengan JBB DE Rong 19 pada posisi 01-11-11 N 103-49-87 E 12 pob, diketahui 7 orang selamat.

Editor: Udin