Atasi Banjir, Pemko Bangun Drainase di Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Jumat | 15-09-2017 | 18:02 WIB
pembuatan-drainase-di-batuaji.gif
Pembangunan drainase di depan perumahan Griya Syuria Kharisma (GSK), Genta III, Kelurahan Kibing, Batuaji (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Persoalan banjir yang dikeluhkan warga perumahan Griya Syuria Kharisma (GSK), Genta III, Kelurahan Kibing, Batuaji, akhirnya ditanggapi Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Pemko Batam melalui Dinas Bina Marga mulai membangun drainase utama di depan perumahan tersebut sejak dua pekan belakang belakangan ini.

Drainase dibangun dengan lebar mencapai enam meter dan nantinya akan menampung air dari pemukiman yang ada di sekitarnya, termasuk perumahan GSK. "Target empat bulan sudah rampung. Ini lagi digesa. Itu proyek dari Dinas Bina Marga," ujar Camat Batuaji, Fridkalter, Jumat (15/9/2017).

Drainase tersebut nantinya akan terhubung dengan drainase utama yang ada di depan Jalan Brigjen Katamso, kemudian dilanjutkan ke arah Kelurahan Tambesi, Sagulung, sebagai jalur pembuangan akhir.

"Proyek ini juga sejalan dengan proyek normalisasi lain yang ada di Batuaji dan Sagulung. Ini semua akan terhubung satu sama lain agar nanti air tak lagi mentok di salah satu drainase saja," tutur Fridkalter.

Pembangunan drainase itu disambut baik warga yang ada di sekitarnya. Warga berharap agar proyek tersebut secepatnya rampung, sehingga persoalan banjir yang selama ini merepotkan warga segera diatasi.

"Apalagi sekarang lagi musim hujan jadi harapan kami secepatnya diselesaikan," ujar Hendro, warga perumahan GSK.

 

Selama ini di lokasi perumahan itu, memang tak ada drainase utama yang akan menampung air dari perumahan ini, sehingga jika hujan lebat maka pemukiman warga akan terendam banjir.

Pantauan di lapangan, proyek yang menelan anggaran sekitar Rp1,2 miliar itu, kini tengah digesa. Sejumlah alat berat terlihat sibuk menggali saluran drainase yang panjangnya sekitar 150 meter itu. Beberapa pekerja lain juga sibuk menyiapkan pondasi drainase dengan besi beton.

"Sudah dua minggu kami kerja, targetnya empat bulan sudah selesai. Panjang drainase yang akan dikerjakan sekitar 150 meter," ujar salah seorang pekerja.

Editor: Udin


BNN-KEPRI