Tim ENJ Unsri Beri Wawasan Kemaritiman Generasi Muda Anambas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Jum\'at | 15-09-2017 | 13:38 WIB
Ekspedisi-Unsri1.gif
Wakil Bupati, Wan Zuhendra dan 25 orang Tim ENJ Unsri foto bersama usai melakukan rapat koordinasi. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Sriwijaya (Unsri) memberikan wawasan kemaritiman bagi generasi muda Anambas. Letak geografis yang berada di daerah terluar dan terdepan menjadi alasan ENJ Unsri memilih Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Tujuan ENJ ini untuk meningkatkan wawasan kemaritiman sesuai visi-misi Kemkomar. ENJ juga digagas olah Kemenkomar yang sudah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Kemenkomar juga mengkhususkan wawasan kemaritiman ini kepada generasi muda," ujar koordinator ENJ Unsri, Diana Desti, Jumat (15/9/2017) usai melakukan rapat koordinasi dengan Pemeritah Kabupaten Kepulauan Anambas yakni Wakil Bupati, Wan Zuhendra.

Desti menambahkan, selama 10 hari di Anambas, ENJ sudah melaksanakan 5 program yakni, divisi sosial, divisi kesehatan, divisi pendidikan, lingkungan dan program ekonomi. Dan Jumat (15/9) merupakan hari terakhir ENJ menjalankan program yang digagas Kemenkomar tersebut.

"Kami sudah 10 hari berada di Anambas. Program yang kami fokuskan adalah divisi sosial, divisi kesehatan yakni cek kesehatan dan sosialisasi tentang hidup sehat. Pendidikan, kami mengajar mulai dari SD, SMP hingga SMA. Dan lingkungan serta program ekonomi, memanfaatkan sampah untuk sebagai bentuk kerajinan tangan. Waktu yang diberi Kemenkomar juga hanya 10 hari dan ini hari terakhir," jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Unsri yang memberikan wawasan kemaritiman kepada generasi muda Anambas.

"Mudah-mudahan apa yang diajarkan oleh teman-teman ENJ bermanfaat bagi generasi muda Anambas ini. Dan potensi yang dimiliki oleh Anambas baik pariwisata dan perikanan dapat diberdayakan semaksimal mungkin. Untuk peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.?

Editor: Yudha


BNN-KEPRI