Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jerman Nomor Satu Peringkat FIFA, Indonesia Naik 6 Tingkat
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 15-09-2017 | 13:14 WIB
Logo-FIFA1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Federation Internationale de Football Association (FIFA).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jerman, yang merupakan juara dunia menggeser Brasil untuk kembali memuncaki daftar peringkat FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Kemenangan 2-1 di markas Republik Cek dan kemenangan besar 6-0 mereka atas Norwegia di Pra-Piala Dunia 2018 mendongkrak posisi Jerman, sehingga melompati Brasil, yang kehilangan poin saat ditahan imbang Kolombia.

Juara Eropa Portugal naik tiga posisi ke peringkat ketiga, meskipun mereka berada di peringkat kedua pada grup kualifikasi Piala Dunia di bawah Swiss.

Pada kejutan lainnya, Argentina menduduki posisi keempat di daftar peringkat walaupun masih kesulitan untuk lolos ke Piala Dunia setelah bermain imbang pada dua pertandingan terakhirnya di markas Uruguay dan saat menjamu Venezuela.

Suriah, yang mencapai fase playoff Asia pada kualifikasi Piala Dunia meski harus memindahkan kandangnya pada putaran kualifikasi ajang 4 tahunan itu di Malaysia karena situasi keamanan di negara itu, naik ke peringkat ke-75, posisi tertinggi yang pernah mereka capai.

Tiga tim lain yang mencapai posisi terbaik mereka adalah Peru (12), Irlandia Utara (20), dan Luksemburg (101) setelah mampu menahan imbang Prancis dengan skor 0-0.

Daftar peringkat ini merupakan hal yang mengecewakan bagi negara-negara Asia, hanya tiga tim masuk 50 besar yakni Iran, Jepang, dan Australia.

Daftar peringkat FIFA selanjutnya akan diumumkan pada 16 Oktober dan digunakan untuk menentukan tim-tim unggulan pada undian untuk playoff Eropa untuk putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.

Sementara itu, peringkat Indonesia naik enam tingkat dibandingkan dengan bulan lalu. Skuat Merah Putih menempati posisi ke-169.

Di antara anggota Asean Football Federation (AFF), Indonesia masih di bawah Australia (50), Filipina (123), Vietnam (130), Thailand (137), Myanmar (152), Singapura (162), serta Laos dan Malaysia yang sama-sama di peringkat 166.

Berikut 10 besar peringkat FIFA (angka yang berada di dalam kurung merupakan posisi pada peringkat sebelumnya):

1. Jerman (sebelumnya urutan 2)
2. Brasil (1)
3. Portugal (6)
4. Argentina (3)
5. Belgia (9)
6. Polandia (5)
7. Swiss (4)
8. Prancis (10)
9. Chile (7)
10. Kolombia (8).

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha