Pemkab Anambas Disarankan Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 14-09-2017 | 18:50 WIB
Abdul-Haris2.gif
Kabid Tata Kelola Pariwisata Kemenpar dan Pemkab Anambas melaksanakan rakor tentang pariwisata (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas disarankan fokus membuat strategi untuk mengembangkan sektor pariwisata. Saran tersebut disampaikan oleh Kusnoto, Kabid Tata Kelola Pariwisata Kementerian Pariwisata yang melakukan rapat koordinasi tindak lanjut rencana aksi program asistensi tata kelola destinasi pariwisata khusus Cluster Anambas, di Aula Anambas Resort, Kamis (14/9/2017).

"Daya tarik wisata juga harus diperhatikan seperti ada sesuatu yang bisa dilihat, misalnya keindahan alam, bangunan tradisional, kesenian lokal, aktivitas kesehatan masyarakat. Kemudian ada sesuatu yang dapat dikerjakan misalnya ikut bertani, membatik, mandi di sungai, bermain. Serta ada sesuatu yang dapat dibeli misalnya kerajinan, makan lokal dan alat permainan tradisional," ujar Kusnoto,

Kusnoto menambahkan, Pemkab Anambas harus fokus membuat konsep dan rencana aksi yang tergabung dalam strategi pengembangan sektor pariwisata. Dia mengakui, potensi wisata Anambas sangat menakjubkan.

"Strategi pengembangan destinasi pariwisata yakni atraksi, aksesibilitas, amenitas. Pengembangan SDM, masyarakat dan industri. Serta pengembangan pemasaran pariwisata dengan branding, advertising, selling," tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengatakan langkah utama yang dilakukan yakni animo masyarakat dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. Pasalnya, masyarakat yang akan langsung memberikan pelayanan kepada wisatawan.

"Meskipun punya potensi, namun masyarakat harus bersikap ramah tamah kepada wisatawan. Dan untuk meningkatkan pariwisata harus dilakukan secara 'keroyokan'. Saya juga sudah meminta Lembaga Adat Melayu (LAM) untuk mengambil peran. Saya rasa, pariwisata akan berdampak positif untuk masyarakat," jelasnya.

Dia juga mengakui, Anambas mempunyai potensi yang luar biasa. Menurutnya, untuk berbenah butuh program yang matang. "Untuk mengembangkan pariwisata ini, butuh waktu dan proses. Tapi kami percaya, dengan perlahan semua cita-cita ini akan menjadi kenyataan dengan program yang matang," tegasnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI