Pra TMMD 100 Tahun 2017, Pak Itam Sangat Bersyukur Rumahnya Diperbaiki Prajurit TNI
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 14-09-2017 | 18:26 WIB
TMMD2.gif
Dengan adanya perbaikan yang dilakukan prajurit TNI bersama masyarakat sekitar, dalam rangkaian kegiatan Pra TMMD, ia merasa sangat terbantu, sehingga bisa menempati rumah yang layak huni (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 pada tahun 2017 Wilayah Kodim 0316/Batam, manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, meskipun kegiatan utamanya belum dilaksanakan.

Seperti yang dirasakan seorang warga Kampung Sembulang Tanjung RT 02/ RW 02, Galang, Tahir alias Pak Itam. Rumah Pria 67 tahun ini, tengah dilakukan diperbaiki oleh para prajurit TNI dalam rangkaian kegiatan Pra TMMD 100 tahun 2017.

Saat ditemui, pria yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan ini, semula pasrah dengan tempat tinggal yang ia miliki, karena tidak punya biaya untuk merenovasi.

Apalagi, kondisi perekonomian Batam saat ini sangat lesu, membuat ia kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Mau perbaiki rumah pakai apa mas? Untuk makan sehari-hari saja susah. Apalagi ekonomi Batam sekarang lesu," ungkapnya, Kamis (14/9/2017).

Dilanjutkan, usianya yang sudah melebih setengah abad itu, juga membuatnya tidak bisa melaut lagi. Saat ini, ia tinggal bersama istrinya di rumah panggung.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kondisi rumah tersebut sudah tidak layak huni. Meskipun rumah panggung, namun tidak berada di bibir pantai. Rumah itu dibangun di atas tanah dan mulai lapuk.

Parahnya lagi, jika hujan turun, bagian dalam rumahnya tersebut basah, karena atapnya sudah bocor.

Diakui Pak Itam, ia mulai tinggal di sana sejak tahun 90-an dan memiliki empat orang anak. Namun. Dua di antaranya sudah punya keluarga sendiri dan tidak tinggal bersamanya lagi.



Sementara untuk mencukupi kebutuhan kesehariannya, saat ini ia bergantung pada kedua anaknya yang juga bekerja sebagai nelayan. "Penghasilan nelayan sekarang tidak seperti dulu. Adapun tangkapan, ya hanya bisa untuk dimasak. Tapi untuk memasaknya juga butuh minyak dan bahan lainnya. Kadang untuk membelinya tidak ada uang," aku itam.

Dengan adanya perbaikan yang dilakukan prajurit TNI bersama masyarakat sekitar, dalam rangkaian kegiatan Pra TMMD, ia merasa sangat terbantu, sehingga bisa menempati rumah yang layak huni.

"Saya bersama keluarga sangat senang dengan adanya kegiatan Pra TMMD ini. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat. Saya sendiri merasakannya. Sebentar lagi saya bisa memnempati rumah yang layak huni," ujarnya gembira.

Terpisah, Komandan Kodim 0316/ Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko, saat dihubungi mengatakan, rumah milik Pak Itam, rencananya akan dibangun tidak seperti rumah panggung lagi. Melainkan, akan dibangun dengan pondasi di atas tanah, serta sebagian bagunan akan dipasangi batu bata.

"Perbaikan rumah salah satu warga ini adalah rangkaian dari Pra TMMD. Sementara untuk TMMD akan dibuka pada tanggal 26 September mendatang. Rencananya, rumah ini akan dibangun di atas tanah, tidak seperti rumah panggung lagi, agar lebih kokoh," ujar Dwi.

Editor: Udin


BNN-KEPRI