PLN Daik Lingga Ganti Meteran Listrik Pelanggan jadi Prabayar
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 14-09-2017 | 15:26 WIB
PLN-Daik-Lingga1.gif
Kantor PLN Sub Rayon Daik Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Perusahan Listrik Negara (PLN) Sub Rayon Daik Lingga mulai mengganti meteran listrik pelanggannya jadi prabayar atau biasa disebut dengan listrik pintar.

Penggantian itu dilakukan PLN Daik Lingga sebagai bentuk meneruskan program dari pemerintah pusat untuk membantu masyarakat menghemat pemakaian listrik dan pengeluaran biaya.

"Iya kita sudah mulai melakukan penggantian. Cuma tidak bisa sekaligus, karena jumlah pelanggan kita cukup banyak. Jadi bertahap," kata Johari Nainggolan, Kepala PLN Sub Rayon Daik Lingga kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (14/9/2017).

Johari menjelaskan, sebelum melakukan penggantian pihaknya juga sudah terlebih dahulu mengadakan sosialisasi ke masyarakat.

"Jadi sebelum penggantian ini, kita sudah lakukan dulu sosialisasi. Karna kalau kita pakai ganti langsung nanti timbul hal-hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Untuk penggantian, dikatakan Johari tidak dilakukan secara merata. Karena saat ini masih ada masyarakat yang belum mengerti mengenai listrik prabayar dan listrik pascabayar.

"Kita ganti yang karyawan kita dulu. Sudah itu baru pelanggan. Tapi kalau yang suka nunggak, langsung kita ganti. Sementara pelanggan yang belum paham, kita beri waktu. Karena kemarin sudah kita jelaskan dan kita sosialisasikan," ujar Johari.

Kemudian ia menambahkan, terkait penggantian ini pihak PLN telah menargetkan rampung pada akhir tahun 2017 sesuai Surat Keputusan (SK) yang diterima PLN Sub Rayon Daik Lingga.

"SK yang kita terima bahwa penggantian listrik prabayar harus rampung 100 persen tahun ini. Kita harap masyarakat mengertilah. Karena program ini sangat bagus, lebih hemat dalam memakai listrik," tutupnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI