Ade Terkejut Dengar PAD Kota Tanjungpinang Bertambah Dipenghujung Tahun
Oleh : Habibi Khasim
Kamis | 14-09-2017 | 11:50 WIB
Ade_DPRD_TPI.gif
Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjungpinang, Ade Angga. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga mengaku terkejut mendengar penyampaian Pidato Nota KUA-PPAS APBD Perubahan Kota Tanjungpinang tahun 2017 yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dalam Rapat Paripurna yang diadakan Selasa (12/9/2017).

Ade merasa terkejut karena adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp35,185 miliar. Menurut Ade, itu sangat istimewa dan membanggakan, karena PAD mengalami peningkatan yang drastis dipenghujung tahun.

"Agak suprise dan speechlees dan tentunya dibarengi dengan positif thingking, bahwa PAD kita mengalami peningkatan yang sangat drastis," tutur Ade, Rabu (13/9/2017).

Bahkan, karena merasa sangat terkejut dengan peningkatan tersebut, Ade mengaku menanyakan kebenarannya kepada Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tanjungpinang, Darmanto. Akan tetapi, Ade mengatakan tidak ada jawaban yang signifikan dari Damrnato terkait bertambahnya PAD untuk Kota Tanjungpinang.

"Katanya nanti tunggu pembahasan baru diberi tahu bocoran tentang penambahan PAD yang signifikan ini," tutur Ade.

Kendati demikian, Ade mengaku tetap bersyukur dan positif thingking tentang peningkatan PAD tersebut. Dia mengharapkan, tidak hanya di akhir tahun saja, tetapi PAD harus digenjot setiap tahunnya.

"Kita harap kondisi seperti ini terua ditingkatkan setiap tahunnya," kata Ade.

Untuk diketahui, dalam pidatonya, Wakil Wali Kota, Syahrul mengatakan bahwa pendapatan daerah bertambah sebesar Rp35,185 miliar dari kondisi awal sebesar Rp906,5 miliar menjadj Rp941,685 miliar pada APBD Perubahan 2017.

Dapat diurai bahwa pendapatan tersebut didapat dari PAD yang mengalami perubahan sebesar Rp35,180 miliar dari semula pada APBD murni tahun 2017 sebesar Rp116,448 miliar menjadi Rp151,629 miliar atau bertambah sebesar 30,21 persen.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI