Kuliah Perdana Diploma I IPB di Lingga Dihadiri Gubernur dan Bupati
Oleh : Nur Jali
Selasa | 12-09-2017 | 17:14 WIB
Gubernur-psangkan-jas-almamater.gif
Gubernur pasangkan jas almamater ke mahasiswa (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kuliah program Diploma I Pertanian Isntitut Pertanian Bogor di Dabosingkep, Kabupaten Lingga, resmi memulai kualiah perdananya, Senin (11/9/2017) petang kemarin.

Kuliah perdana Program Studi di Luar Kampus Utama ( PSDKU) IPB ini disaksikan langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Bupati Lingga Alias Wello, yang dibuka langsung oleh DR Ir Irmansyah MSi, Wakil Direktur Bid Kemahasiswaan Program Diploma IPB.

"Pembangunan di Indonesia memerlukam tenaga kerja yang terampil dan tangguh. Dengan adanya kuliah reguler Diploma ini, diharapkan para generasi muda di desa dapat menambah keterampilannya, karena ini adalah pendidikan yang berbasis produksi," kata Irmansyah dalam sambutannya saat membuka perkuliahan perdana di Gedung Nasional Dabosingkep.

"Mahasiswa dinyatakan lulus kalau dia telah memproduksi di bidang yang dilakoninya. Kalau pertanian, dia harus menghasilkan dari pertanian yang ditekuninya," ujarnya.

Dengan adanya program Kuliah Diploma I ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) menargetkan bahwa mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini adalah mereka yang akan menciptakan lapangan pekerjaan, bukan sebaliknya untuk mencari kerja.

"Di sini tempatnya orang yang menciptakan lapangan pekerjaan, bukan pencari kerja. Mereka inilah nanti yang akan mendatangkan kucuran anggaran dari pusat dengan inovasi dan kreativitas," jelasnya.

Dengan hadirnya program perkuliahan Diploma I Institut Pertanian Bogor (IPB) ini, seakan menjawab kerisauan Bupati Lingga akan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian yang selama ini sulit dicarinya.

"Tim melobi Perguruan Tinggi, LIPI, BPPT dalam pengayaan SDM kita, tapi pilihan kita jatuh pada IPB, karena salah satu prioritas kita pada bidang tersebut," kata Alias Wello.

Bupati Lingga juga memaparkan bahwa program kuliah Diploma I ini diharapkan, akan terus berkelanjutan tidak cukup hanya angkatan pertama ini saja. Ucapan terima kasih beliau kepada Gubernur Kepri, juga menjadi motivasi bagi pemerintah Kabupaten Lingga.

Dengan kedatangan Gubernur membuktikan bahwa Gubernur sangat menjaga komitmennya untuk menjadikan Kabupaten Lingga sebagai Centra Pertanian di Provinsi Kepri.

"Ini program gratis, tapi jangan ada yang setengah hati, karena para mahasiswa ini nantinya akan menjadi cikal bakal tenaga ahli pertanian dan peternakan di Kabupaten Lingga," sebutnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI