Hindari Penyebaran Berita Hoax

Nurdin Ingatkan Pelajar Manfaatkan Teknologi untuk Peningkatan Pendidikan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 12-09-2017 | 16:16 WIB
Nurdin-selfie-dengan-pelajar.gif
Nurdin berselfie ria bersama siswa SMK 1 Dabo Singkep, Senin (11/9/2017) malam (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, mengingatkan para pelajar memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendukung pendidikan. Perkembangan sektor informasi dan teknologi harus lebih banyak memberi manfaat bagi pelajar dalam menunjang pelaksanaan pendidikan.

"Smartphone, jangan digunakan untuk menyebarkan hoax. Teknologi yang semakin berkembang harus dimanfaatkan untuk meningkatakan pengetahuan dan menambah keilmuan kita," kata Nurdin saat berkunjung ke SMK 1 Dabo Singkep, Senin (11/9/2017) malam.

Nurdin berkunjung ke Dabo dalam rangkaian kuliah perdana Diploma I Pertanian dan Peternakan Institut Pertanian Bogor. Kepada para pelajar, Nurdin terus memberi motivasi untuk menjalani kehidupan.

Salah satu pesan yang berkali-kali disampaikan Nurdin adalah hormat kepada orang tua dan guru. Hal itu akan membawa pada kesuksesan ke depannya. Apalagi orang tua tidak pernah mengeluh penat untuk sekolah anak-anaknya.

"Kunci sukses itu hormati orang tua dan guru. Cium tangan sebelum berangkat," kata Nurdin yang kembali lagi ke Tanjungpinang malam harinya dari Dabo.

Nurdin menyebutkan, jurusan di SMK Negeri 1 Dabo sangat menarik. Di SMK ini memang ada empat jurusan, yaitu Teknik Komputer Jaringan, Teknik Sepeda Motor, Multimedia dan Perbankan. Dengan jurusan tersebut, Nurdin yakin para pelajar sudah terasah untuk selalu berinovasi.

Yang jelas, kata Nurdin, Pemprov Kepri akan berusaha maksimal agar pendidikan jenjang sekolah menengah lanjutan atas menjadi semakin baik. Juga menghasilkan lulusan terbaik.

"Mereka juga harus bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi sudah terasah untuk kreatif dan inovatif," kata Gubernur.



Meski begitu, Nurdin tetap mengingatkan para pelajar untuk mengasah jiwa kewirausahaannya. Barangkali di awal-awal mereka bekerja pada lembaga atau perusahaan, namun ke depan pelan-pelan harus ada yang jadi entreprenuer.

"Pasar selalu terbuka lebar. Mungkin setelah bekerja, mereka bisa menjadi toke dan buka lapangan kerja," kata Nurdin.

Karena itu, Nurdin berpesan kepada pelajar untuk belajar sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh. Karena tugas mereka saat ini memang belajar.

Pesan Nurdin, para pelajar juga agar menjauhi narkoba. Karena, narkoba merupakan perusak generasi muda. Cara menjauhinya, salah satunya dengan aktif berolahraga dan penuhi kegiatan bermutu. Pramuka, kata Nurdin, menjadi salah satu aktivitas terbaik.

"Jangan sia-siakan waktu muda ini untuk hal-hal yang membuat rusak dan mencelakakan masa depan," kata Nurdin.

Editor: Udin


BNN-KEPRI