Jenis Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Kanker
Oleh : Redaksi
Senin | 11-09-2017 | 10:26 WIB
sel-kanker.gif
Ilustrasi sel kanker.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah makanan yang mengandung karsinogen menyebabkan kanker.

Beberapa contoh karsinogen adalah tembakau, asbes, plutonium, dan sebagainya. Banyak makanan dikaitkan dengan berbagai jenis kanker. Selain itu, ada pula makanan yang mengandung karsinogen, padahal kerap dikonsumsi sehari-hari.

Berikut beberapa makanan yang bisa menimbulkan atau berhubungan dengan kanker :

1. Tomat kaleng

Semua kaleng yang digunakan untuk menyimpan makanan terbuat dari bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Bahkan paparan kecil terhadap BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2. Disarankan untuk membeli tomat segar dari pasar daripada memilih yang di kaleng. Inilah salah satu makanan penyebab kanker terbaik yang harus dihindari.

2. Minyak terhidrogenasi

Minyak terhidrogenasi digunakan untuk makanan olahan. Tapi, minyak ini bisa mempengaruhi selaput dan fleksibilitas fleksibilitas sel, dan bisa menyebabkan kanker. Inilah salah satu makanan teratas yang bisa menyebabkan kanker.

3. Produk susu tertentu

Para ahli telah menemukan kaitan antara asupan kalsium tinggi dan pengembangan kanker prostat. Ini karena produk susu kaya kalsium bisa menurunkan hormon, sebesar 1,25-dihydroxyvitamin D3. Hormon ini dikenal melindungi pria terhadap sel kanker.

4. Daging merah olahan

Makanan ini mengandung berbagai bahan kimia dan bahan pengawet, termasuk natrium nitrat yang terkenal karsinogen. Disarankan mengonsumsi daging varietas organik dan bebas hormon.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli


BNN-KEPRI