Tes CPNS Kemenkumham 2017, Ini Tips Selesaikan 100 Soal Kompetensi Dasar
Oleh : Redaksi
Senin | 11-09-2017 | 09:14 WIB
tes-cpns-00.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 211.538 pelamar CPNS Kemenkumham 2017 untuk kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter dan Sarjana (S-1), hari ini (11/9/2017) dijadwalkan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar atau Tes Kompetensi Dasar (TKD) berbasis sistem komputerisasi (Computer Assisted Test/CAT) di 33 lokasi pelaksanaan se-Indonesia.

Ke-211.538 pelamar tersebut secara bertahap mengikuti tahapan seleksi CPNS Kemenkumham 2017 ini hingga 16 September 2017.

TKD CAT terdiri dari tiga bagian materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), di mana total jumlah soal yang harus dikerjakan para pelamar sebanyak 100 soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik. Berarti, waktu pengerjaan untuk satu soal selama 54 detik.

Agar para pelamar dapat menyelesaikan keseluruhan soal dengan baik dan tepat waktu, memang diperlukan teknik dan strategi jitu.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan memberikan tips dalam menyelesaikan tes TKD CAT tersebut dengan hasil baik dan tepat waktu.

"Kerjakan soal yang mudah-mudah dulu karena mengerjakan soal tidak harus runtut sesuai nomor urut soal. Kalau memang soal yang sedang dihadapi rumit, meloncat saja ke soal berikutnya, begitu seterusnya. Cara seperti itu efektif dalam merampungkan seluruh soal sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia," katanya.

Berdasarkan pengalaman tes-tes sebelumnya, secara umum keseluruhan soal dapat dilalui oleh para pelamar yang memang sudah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan materi seputar Pancasila, UUD 1945 dan amandemennya, Bhinneka Tunggal Ika , NKRI dan lainnya dengan jumlah 35 soal. "Ya ini berisikan pengetahuan umum, cukup mudah untuk dijawab".

Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 30 soal guna menguji intelegensi seseorang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematisnya. "Contohnya, kalau Indonesia itu ibukotanya Jakarta, kalau Malaysia itu Kuala Lumpur".

Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menguji kemampuan untuk masalah adaptasi dan berprestasi. Misalnya, kalau seseorang sedang naik motor dan mendapati orang tua hendak menyeberang jalan, apa yang akan dilakukan.

"Bagi jawaban yang mengatakan akan berhenti dan menuntun si orang tua menyeberang jalan, nilainya tentu lebih tinggi dari jawaban yang mengatakan cukup menyetop motor dan membiarkan sang orangtua menyeberang sendiri".

Ridwan meyakini jumlah waktu yang disediakan selama 90 menit untuk 100 soal, cukup memadai bagi para pelamar yang sudah menyiapkan diri sebaik-baiknya.

Ia menyarankan para pelamar untuk memperhatikan hal-hal kecil yang bisa merusak konsentrasi dalam menjawab soal TKD CAT. Misalnya, jangan salah kostum karena sudah ditentukan pakaian yang dikenakan adalah hitam (bawahan) - putih (atasan).

Selain itu, jangan sampai lupa membawa kartu identitas pribadi, kartu pendaftaran dan syarat-syarat administratif lainnya yang sudah ditentukan sebelumnya.

"Dan tidak kalah pentingnya, datanglah ke lokasi pelaksanaan tes setidaknya 30 menit sebelum tes dimulai. Kalau terburu-buru datangnya, bisa mengganggu persiapan dan konsentrasi para pelamar," katanya.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli


BNN-KEPRI