Sosialisasi Empat Pilar ke Pemuda dan Mahasiswa Dinilai Tepat
Oleh : Hadli
Minggu | 10-09-2017 | 15:06 WIB
Nabil+muhammaidyah.gif
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Senator Muhammad Nabil kepada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kepri di Aula Muhammadiyah ASEAN Batam

BATAMTODAY.COM, Batam - Senator asal Provnsi Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Nabil menegaskan, sosialisasi pemahaman Empat Pilar MPR RI kepada para pemuda dan mahasiswa dinilai sangat tepat.

"Tentu saja karena generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan," kata Muhammad Nabil saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kepri di Aula Muhammadiyah ASEAN pada 20 Juli 2017 lalu di Batam.

Nabil menilai guna menjaga semangat kemerdekaan dan aktualisasi cinta Indonesia maka gaung pemahaman tentang Empat Pilar MPR, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus menjadi dasar pemikiran untuk usaha bela negara.

"Disinilah pentingnya menyampaikan, pentingnya generasi muda memahami Empat Pilar Kebangsaan. Makanya tema yang kita usung adalah 'Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan Motivasi Peran Generasi Muda Menghindari Golput dalam Rangka Bela Negara untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional'," katanya.

Karena itu, Anggota Komite I DPD RI berpendapat negerasi muda harus semangat dalam menjalankan Empat Pilar Kebangsaan. Ia juga menekankan pentingnya peran dan kontribusi generasi muda dalam menentukan Indonesia ke depannya.

Menurut Nabil, bangsa yang kuat, berasal dari kualitas generasi mudanya sebagai penerus tegaknya NKRI. Ini membuktikan dengan semangat dan kerja keras kita dapat mandiri dalam menyejahterakan negeri ini. Semuanya itu diawali dari ketauladanan, disiplin, dedikasi serta motivasi yang tinggi dari generasi muda.

"Sejarah Indonesia sudah membuktikan betapa pentingnya peran generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa. Mahasiswa (generasi muda) juga hendaknya turut serta mengawal proses demokrasi yang terjadi di Indonesia," katanya.

Sejatinya kemajuan bangsa ini di masa depan, lanjut Nabil, dapat dicapai dengan peran serta generasi muda dalam menentukan siapa pemimpinnya, karena mereka kelak juga akan menggantikannya.

"Harapannya, dengan adanya pembekalan Empat Pilar Kebangsaan ini, terutama kepada mahasiswa, dapat membentuk karakter sebuah bangsa yang sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya. Untuk itu, dalam membentuk generasi muda berkualitas, perlu diberikan semangat dan teladan bagi generasi penerus itu sendiri," katanya.

Editor: Surya


BNN-KEPRI