Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Oktober 2017, Bandara Internasional Silangit Diresmikan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-09-2017 | 12:14 WIB
Luhut-binsar-panjaitan1.jpg Honda-Batam
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bandara Silangit, Sumatera Utara resmi menjadi bandara internasional pada bulan Oktober mendatang.

"Bulan Oktober mendatang Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Silangit sebagai bandara internasional. Jadi harus benar-benar siap," kata Luhut saat kunjungannya ke Bandara Silangit menggunakan pesawat jet pribadi (private jet) dari Singapura ke Bandara Silangit, Jumat (8/9/2017).

Berdasarkan siaran pers di situs Kementerian Kemaritiman bahwa kunjungannya ke negara Singa tersebut untuk mendampingi Presiden Jokowi memenuhi agenda kenegaraan. Ia mengklaim penerbangan Singapura–Bandara Silangit yang dilakukannya merupakan yang pertama dalam sejarah. Menurutnya baru kali ini ada pesawat dari luar negeri yang mendarat di tanah Batak.

Sebelumnya Luhut juga pernah datang ke Bandara Silangit menggunakan pesawat jet pribadi dari Singapura. Bandara baru tersebut dibangun sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong sektor pariwisata Danau Toba.

Luhut yang juga merupakan Purnawirawan (Purn) Jenderal TNI ini mengatakan, jumlah turis yang datang menuju objek wisata tersebut kebanyakan berasal dari negara Tiongkok, Australia, dan Singapura.

Melihat mulai meningkatnya jumlah pengunjung mancanegara tersebut, Luhut mengingatkan kepada pemerintah daerah setempat untuk menyiapkan segalanya agar masyarakat bisa menikmati keuntungannya, misalnya melalui produk kerajinan tangan.

"Jadi menurut saya, pak Bupati, Pak Gubernur itu perlu menyiapkan training-training untuk ahli-ahli handycraft kita. Supaya nanti mereka tidak membawa handycraft dari luar," ia berujar.

Dalam kesempatan tersebut Luhut juga mengajak semua pihak untuk bersama menatap masa depan masyarakat sekitar Toba yang lebih baik. "Kita tunjukkan orang Batak itu betul-betul bisa deliver apa yang sudah dijanjikannya. Horas!" kata Luhut yang berjanji akan kembali meninjau Bandara Silangit.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha