Tahun Ini, Potensi Pengumpulan Zakat di Kepri Capai Rp17 Miliar
Oleh : Ismail
Jumat | 08-09-2017 | 18:38 WIB
Sosialisasi-penyaluran-bakat.gif
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau, Mustamin Hussain menjadi pemateri penyaluran beasiswa Baznas di Kampus Umrah, kawasan Dompak (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau, Mustamin Hussain menyampaikan, potensi pengumpulan zakat di Kepulauan Riau pada tahun ini bisa mencapai Rp17 miliar.

Terhitung pada semester pertama dana zakat yang berhasil dikumpulkan oleh lembaga-lembaga zakat di wilayah Kepri sampai saat ini sudah mencapai Rp8 miliar.

Oleh karena itu, dirinya optimis dengan sisa waktu beberapa bulan lagi, sejumlah lembaga pengumpul zakat di kabupaten/ kota se Kepri bisa mengumpulkan Rp9 miliar.

"Kita optimis, biasanya mereka lembaga-lembaga ini mengumumkan ke kita pada saat akhir tahun," katanya saat menjadi pemateri penyaluran beasiswa Baznas di Kampus Umrah, kawasan Dompak, Jum'at (8/9/2017).

Ia menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementeriam Keuangan juga akan mengatur kewajiban pembayaran zakat bagi Muslim dan Muslimah dalam bentuk Peraturan Pemerintah. Hal tersebut bertujuan meningkatkan perhatian masyarakat, khususnya bagi Muslim agar taat membayar zakat.

"Menkeu dan Baznas perlu sama-sama digenjot, perhatian pemerintah tidak hanya terfokuskan dengan pajak saja, melainkan zakat pun hal yang paling diutamakan, khususnya masyarakat Muslim," tambahnya.

Ditambahkan Mustamin, hasil dari penggalangan dana zakat di Kepri, difokuskan untuk membantu masyarakat. Selain membantu masyarakat miskin, UMKM, juga diperuntukkan bagi biaya pendidikan.

"Di Kepri tahun 2017 ini saja sudah 90 mahasiswa kami bantu, saat ini secara simbolis sekitar 50 mahasiswa," tukas Mustamin.

Editor: Udin


BNN-KEPRI