Piala Adipura Bintan Jangan Sampai Tercoreng Janji Bonus Petugas Kebersihan
Oleh : Harjo
Jumat | 08-09-2017 | 17:02 WIB
Piala-Adipura-Bintan.gif
Piala Adipura diarak beberapa waktu lalu (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kontribusi dan semangat petugas kebersihan dalam memelihara lingkungan di Kabupaten Bintan sehingga mampu mempertahankan Piala Adipura Tahun 2017 haruslah diapresiasi. Bahkan Pemerintah Kabupaten Bintan pun mengapresiasi kontribusi tersebut dengan menganggarkan tambahan bonus bagi petugas kebersihan sebesar Rp500 ribu per orang.

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini bonus tersebut belum juga bisa dinikmati petugas kebersihan dan masih sebatas janji manis Pemkab Bintan saja.

Tokoh Pemuda Bintan Timur, Asri Suherman akhirnya bersuara terkait janji bonus untuk petugas kebersihan yang tak kunjung cair tersebut.

Dia berujar, sejatinya tidak perlu menunggu munculnya keluhan dari para petugas kebersihan yang 'berteriak' menuntut janji bonus tersebut. Sebab bonus itu sudah sempat dijanjikan sebelumnya.

"Harusnya tidak menunggu petugas kebersihan berteriak menagih janji. Semua yang telah dijanjikan seharusnya sudah diselesaikan," tegas Asri Suherman, Jumat (8/9/2017).

Karena dijanjikan, tentu saja semua petugas kebersihan berharap. Hanya saja kebiasaan buruk dari para pejabat Bintan yang senang mengumbar janji tanpa merealisasikannya, kerap didengungkan kepada petugas kebersihan tadi.

Tentunya hal itu harus lah menjadi perhatian Kepala Daerah, agar para pejabat dalam menjalankan tugasnya, bisa lebih profesional lagi.

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kabupaten Bintan, Herry Wahyu, melalui Kabid Permukiman, Bayu Wicaksono, mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan bonus bagi 306 orang petugas kebersihan tersebut.

"Besaran bonus sudah diajukan, rencananya pencairan paling lambat sekitar November 2017 ini, namun tetap kita usahakan secepatnya," ujarnya saat dihubungi di Kantor Kimpraswil Kabupaten Bintan, Jum'at (8/9/2017).



Menurutnya, bonus bagi petugas kebersihan merupakan saran dan masukan dari Bupati Bintan Apri Sujadi atas kerja keras dan dedikasi petugas kebersihan. Sehingga Kabupaten Bintan meraih Piala Adipura tahun 2017 ini.

"Atas inisiatif Bupati Bintan, H Apri Sujadi SSos, untuk memberikan bonus. Dan permintaan tersebut sudah kami masukkan direalisasi anggaran triwulan IV ini," katanya.

Sementara Bupati Bintan, Apri Sujadi, menuturkan bahwa bonus yang diberikan kepada petugas kebersihan memang sudah selayaknya dan pantas untuk diberikan. Dedikasi dan semangat petugas kebersihan dalam menyukseskan program Bintan Bersih, turut mengantarkan Kabupaten Bintan meraih Piala Adipura untuk ketiga kalinya.

"Kita apresiasi kerja keras petugas kebersihan. Dan bonus pertama kali diberikan pada tahun 2016, saat meraih Piala Adipura kedua kalinya. Dan Tahun ini kita akan berikan bonus juga, karena mereka berhasil membantu Pemerintah Daerah menyukseskan program Bintan Bersih dan meraih Piala Adipura tahun 2017," tutupnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI