Benarkah Deodoran Bisa Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya Ilmiahnya
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-09-2017 | 14:38 WIB
ilustrasi-deodoran1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta – Kita sering mendengar bahwa kebiasaan menggunakan deodoran atau antiperspirant bisa menyebabkan kanker payudara.

Apakah anggapan tersebut mitos atau fakta? Ternyata, penggunaan deodoran atau antiperspirant bisa menyebabkan kanker payudara tidak terbukti benar.

Pada sebuah penelitian, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan deodoran atau antiperspirant terhadap risiko kanker payudara.

Sementara itu kita juga sering mendengar bahwa kadar aluminium dan paraben yang terkandung dalam deodoran atau antiperspirant bisa menyebabkan kanker payudara. Sebenarnya, anggapan tersebut pun belum bisa dibuktikan secara medis.

Namun bila kita ragu, kita bisa memilih deodoran atau antiperspirant yang tak mengandung kedua bahan tersebut. Kanker payudara sendiri merupakan penyakit kompleks yang tak disebabkan oleh satu faktor kecil seperti deodoran atau antiperspirant.

Ada banyak faktor lain yang menyebabkan kanker payudara, seperti keturunan, gaya hidup, atau lainnya.

Bila masih ragu menggunakan deodoran atau antiperspirant, kita bisa mencoba bahan alami untuk menghilangkan bau badan. Misalnya dengan menggunakan tawas, teh, atau lemon.

Sumber: Nova.id
Editor: Yudha


BNN-KEPRI